Tatacara Penanggulangan Longsor

Longsor kok takut….

by Rizqi Syawal

Fenomena Longsor terkenal dimusim Penghujan

Jangan jadikan momok longsor itu kita persalahkan jikalau musim hujan seperti ini tapi salahkan kita mengapa kita mau tinggal didaerah rawan longsor. Mengapa bisa terjadi Longsor? sebuah pertanyaan menggelitik yang semua orang sudah tau jawabannya. Lalu bagaimana kita bisa melawan longsor jawabannya adalah liari atau cegah longsor tersebut. bingung ngatasinnya!! kalau bingung terus ya kapan beraninya?? saya coba jawaban dengan beberapa spekulasi yang saya dapatkan referensi dari Bro Berry Ardiasti (Seorang Geologist UNDIP) dari hasil skripsinya.

Begini Cara penanganan longsor yang tepat.

1. Mengubah Geometri Kelerengan (Bahasa Gaulnya kita buat Landai saja)

Perubahan geometri lereng ini pada prisnsipnya bertujuan untuk mengurangi gaya pendorong dari masa tanah atau gaya-gaya yang menggerakan yang menyebabkan gerakan lereng. Perbaikan dengan perubahan geometri lereng ini meliputi pelandaian kemiringan lereng dan pembuatan trap-trap/bangku/teras (benching) dengan perhitungan yang tepat
2. Mengendalikan Aliran Air Permukaan

Air merupakan salah satu faktor penyumbang ketidakmantapan lereng, karena akn meninggikan tekanan air pori. Pengendalian air ini dapat dilakukan dengan cara sistem pengaturan drainase lereng baik dengan drainase permukaan maupun bawah permukaan (Hardiyatmo. C. H., 2006). Pemilihan metode ini cocok digunakan dalam upaya pencegahan tetapi jika pada sebelumnya telah terjadi gerakantanah maka diperlukan beberapa metode penanggulangan sebagai pendukung.

3. Penanaman Pohon Dilajur Rawan Longsor

Tumbuhan dapat digunakan untuk mengontrol erosi pada tanah yang tidak stabil. Metode penanaman ini bertujuan untuk melindungi lereng, karena akar-akar pohon akan menyerap air dan mencegah air berinfiltrasi ke dalam zona tanah tidak stabil. Akar-akaran dalam kelompoknya membentuk rakit yang menahan partikel tanah tetap di tempatnya. Dalam kondisi demikian umunua akar-akar tumbuhan menambah kuat geser tanah (Hardiyatmo. C. H., 2006).

4.  Sementasi (Bahasa Gaulnya Kita campur saja dengan Semen)

Menurut Dwiyanto (2005), grouting merupakan metode untuk memperkuat tanah/batuan atau memperkecil permeabilitas tanah/batuan dengan cara menyuntikkan pasta semen atau bahan kimia ke dalam lapisan tanah/batuan.

Grouting merupakan suatu proses pemasukan suatu cairan dengan tekanan kedalam rongga atau pori rekahan dan kekar pada batuan yang dalam waktu tertentu cairan tersebut akan menjadi padat dan keras secara fisika maupun kimiawi, dengan tujuan untuk menurunkan permeabilitas, meningkatkan kuat geser, mengurangi kompresibilitas, mengurangi potensi erosi internal terutama pada pondasi alluvial.

Grouting adalah penyuntikan bahan semi kental (slurry material) ke dalam material tanah/batuan dengan bertekanan dan melalui lubang bor spesial, dengan tujuan menutup diskontinuitas terbuka rongga-rongga dan lubang- lubang pada lapisan/strata yang dituju (Pangesti, 2005)

5. Betonisasi

Ya cara ampuh cuman ndikit mahal dari Grouting yaitu dengan cara pembetonan namun cara ini hanya bersifat sementara karena hanya  menguatkan komposisi tanah luarnya saja sedangkan dalamnya sama saja jadi bersifat sementara saja.

6. Cara Ampuh Dan Paling Ampuh

Jangan tinggal didaerah Longsor kalau dah tau mau longsor ya tinggal relokasi saja ya Gak

About these ads

5 Balasan ke Tatacara Penanggulangan Longsor

  1. siti mengatakan:

    good…. i like it,…

  2. Agreva Tania mengatakan:

    Sip:D Thanks infonya:D

  3. archie mengatakan:

    ini teori brader..
    prakteknya?

    1. buat landai -> ga semua bisa dibuat landai terutama daerah padat penduduk..

    2. semenisasi -> pernah gagal, malah kalo ga kebeneran nambah bobot massa lereng

    3. relokasi -> ya coba aja nanya ke satpol PP susahnya relokasi

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: