Haruskah Ibukota Pindah Karena Banjir

Jakarta Kebanjiran

Jakarta Kebanjiran

Banjir memang musuh terbesar bagi ibukota kita tersebut, Maklum hampir setiap tahun banjir selalu merepotkan tidak hanya pemerintah daerah, pemerintah pusat pun dibikin pusing sama si Banjir. Maklumlah hampir sebagian besar kantor Pemerintahan Pusat berada di Jakarta. Lalu haruskah Ibukota Pindah ? Menurut saya secara Prihatin jakarta Memang sudah tidak layak dihuni bagaimana bisa daerah yang mestinya pemanfaatan landform digunakan sebagai lahan transisi Laut ke darat berubah total bahkan sistem Hidrologi air tanahnya pun dibuat berantakan.
Apakah Ada solusi Tepat Untuk Ibukota ?

Sebenarnya banyak solusi yang dapat dimanfaatkan Pemda Jakarta yaitu ;
1. Stop Pembangunan dengan Menutup Lahan Hijau
Selama ini penyebab utama banjir adlah air permukaan tidak bisa terserap masuk ke bawah permukaan dikarenakan hampir semua lahan hijau perkotaan ditutupi dengan daerah beton atau kedap air sehingga air tetap tergenang dipermukaan dan terakumulasi menjadi banyak di suatu daerah yang menyebabkan adanya banjir. Selama ini jakarta memang terkesan modernitas, lihatlah banyak perkampungan kumuh yang digusur dengan beralasan menganggu tata kota tapi pada akhirnya dibangun daerah yang justru membuat air tidak teresap dengan baik misalnya saja daerah Apartemen, Mall, Hotel, Pusat Perbelanjaan, dan lain-lain yang tentunya bahannya bukan dari bahan yang mampu resap air tapi bahan anti air.
2. Membuat sumur Resapan
Jikalau kanal banjir masih belum mampu menampung air permukaan nampaknya perlu membuat sumur resapan hal ini juga membantu menstabilkan sistem akuifer air tanah. Selain itu sumur resapan ini dapat berfungsi sebagai cadangan air di musim kemarau.
3. Membuat lahan Hijau di daerah Recharge
Selama ini warga jakarta selalu menyalahkan daerah yang bernama Bogor atau Puncak ??? ya tentunya anggapan itu tidak salah maklumlah daerah ini memang daerah yang lebih tinggi sesuai dengan hukum potensial air imana air akan mengalir dari daerah yang tinggi menuju daerah potensial yang rendah. Dengan membuat lahan reboisasi atau pembuatan sistem serap air permukaan yang lebih baik didaerah Bogor Atau puncak mungkin bisa menjadi salah solusi cerdas.
4. Membuat sistem Perairan Kota (Got) Yang Lancar
Bukan rahasia umum jikalau hampir disetiap sudut kota juakarta terlihat adanya Got yang memang dibuat hanya untuk formalitas karena daerah got tersebut memang dibuat tidak untuk sistem perairan yang baik dimana mulai permasalahan kedalaman Got yang dibuat tidak sistematis, Luas GOT yang tidak Jelas, Dan Kesannya malas Ngurusi Got. Dan menurut saya inilah permasalahan Utama Kota Jakarta, semestinya jakarta mampu membuat sistem perairan yang tepat guna dan jangan berp[ikir usang dengan mengutamakan gaya daripada manfaat Hidup.
Solusi-solusi diatas haya bagian terkecil saran saya untuk pemerintah daerah saya memang bukan siapa-siapa tetapi dari bukan siapa-siapa saya dapat mengubah segalanya.
Ngomong – ngomong soal ibukorta Pindah nampaknya cocok dipindahkan ke Jayapura.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: