Andaikata Jakarta Tenggelam…

Peta Banir Jakarta (Rovicky.wordpress.com)

ada yang menarik dari sebuah bacaan disini yaitu tentang andaikata jakarta kena banjir dan tenggelam. Seperti yang saya baca di Kompas Edisi Ini yang katanya tahun 2050 jakarta akan terendam. Secara logis jakarta merupakan daerah delta dahulunya dimana endapan delta berasal dari kali-kali yang mata airnya bersumber di sekitar puncak dan kali ciliwung. Permasalahan letak utama tentunya tidak lepas dengan daerah resapan jakarta. Ya referensi geologi jakarta saya dapatkan di blog dongengan ala geologi di rovicky

diblog tersebut ditulis seperti ini

Tanah penyusun kota jakarta, terutama Jakarta Utara adalah endapan banjir. Peta geologi kota Jakarta sangat menunjukkan hal itu. Peta yang aku tampilkan ini bentuk sederhana dari peta yang diterbitkan oleh P3G Bandung.

Peta geologi ini menunjukkan pelamparan endapan muda volkanik yang menumpang diatas batuan volkanik. Coba perhatikan bentuk sungai yang menggerus endapan volkanik ini, sehingga disekitar torehan-torehan sungai akan terlihat batuan yang berada dibawahnya.

Berarti secara benarnya daerah jakarta memang daerah sedimentasi sungai-sungai dan saat ini pun jakarta mengalami subsidence artinya penurunan permukaan secara tiba-tiba, untuk yang ini anda bisa bacanya disini ya hal ini tidak lepas dari adanya urbanisasi dan kesalahan tata ruang kota sejak awal….

ANDAIKATA JAKARTA TENGGELAM

Andaikata jakarta tenggelam maka pusat ekonomi indonesia akan lumpuh sementara walaupun di banjir kana, jakarta akan terus bermasalah selama tidak ada kawasan hijau bahkan pantai utara jakartapun saat ini jarang dimanfaatkan sebagai daerah hijau jadi wajar saja kalau nanti jakarta tenggelam bukan hanya dari air limpahan puncak dkk tapi juga laut. Seandainya jakarta benar-benar tenggelam tampaknya pilihan yang bijak adalah memindahkan ibukota tersebut??? Ada yang punya usul….

10 Balasan ke Andaikata Jakarta Tenggelam…

  1. aziz mengatakan:

    pindah lagi ke jogja.,.,.,

    he heh eh he.,.,.,.

  2. syawal mengatakan:

    wah kalau saya sih sepakat aja….

  3. aveliansyah mengatakan:

    kalo semarang masih enak ya wal..
    tenggelam di bagian utara, masih ada sisa wilayah dibagian selatan..
    kampus kita,, hahaha

    geologi undip tidak akan pernah tenggelam…

  4. syawal mengatakan:

    meskipun begitu sebagai seorang umat kita harus memikirkan kepentingan umat yang lain

  5. smokie mengatakan:

    bisa, stop the excessive groundwater exploit, punish those who disobey, make sure everbody comply and for that you should make sure nobody offering money to buy their ways..yeah I mean coffe table money!Educate the public about not dump everthing into the river as it not and never been a dusbin. Teach you citihall to do their jobs whic among others to do the maintenance to the river and drain or any calverts under their care.

    Then everthing going to be ok… untill the ices in the North Pole melt heavily of course but this is not local but a global issue..

  6. bodrox mengatakan:

    saya kasih award tuh, mas🙂

  7. Octavika malda mengatakan:

    klo jkt tngglam bgus juga klo djadiin kota air kyk venis d itali jd polusi motor2& mobil2 bkurangkan….
    kan warganya pada naek prahu…….
    stuju kan????????hahahaha……..

  8. Octavika malda mengatakan:

    oia salam knal ya bwat mas syawal…..

    mas ada artikel yang ngbahas pembentukan struktur Hummocky Cros stratification & convolute tp ada gmbar dan ilustrasinya klo bisa hehehe…..
    ditunggu yak….
    thx…….

  9. aveliansyah mengatakan:

    Struktur Hummocky Cros Stratification setahu saya terbentuk akibat badai, erbentuk didaerah lingkungan pengendapan yang punya slope contohnya prodelta
    Sedangkan Convolute lebih diakibatkan pengaruh gelombany yang besar pada saat proses pengendapan sehingga pola sedimentasi yang terbentuk tidak teratur. Convolute biasanya terbentuk pada daerah daerah hilir sunga, Laut dangkal, Transisi zone.

  10. aveliansyah mengatakan:

    Struktur Hummocky Cros Stratification setahu saya terbentuk akibat badai, erbentuk didaerah lingkungan pengendapan yang punya slope contohnya prodelta
    Sedangkan Convolute lebih diakibatkan pengaruh gelombany yang besar pada saat proses pengendapan sehingga pola sedimentasi yang terbentuk tidak teratur. Convolute biasanya terbentuk pada daerah daerah hilir sunga, Laut dangkal, Transisi zone.

    Salam

    Syawal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: