Tipe Jebakan Reservoir

dalam tulisan kali ini saya akan membahas tentang tipe tipe jebakan Reservoir. Secara umum Reservoir dibagi menjadi 3 bagian yaitu  batuan reservoir, lapisan penutup dan perangkap reservoir. untuk beberapa tipe jebakan dijelaskan dibawah ini ;

Jenis-jenis Perangkap reservoir

Perangkap reservoir merupakan hal yang sangat penting dalam penentuan terdapatnya minyak dan gas bumi.Di dalam zona perangkap biasanya hidrokarbon yang ada selalu diikuti adanya air di dalamnya, dimana air akan selalu berada di bagian bawah dan hidrokarbon berada di bagian atas akibat gaya vertical keatas(Gaya hidrostatik).Hal ini dikarenakan adanya perbedaan berat jenis antara air dan hidrokarbon.Pada zona perangkap reservoir ini juga terdapat gaya hidrodinamik yaitu bila dalam zona tersebut terdapat berbagai gaya lain yang bekerja (tidak hanya gaya vertical), missal adanya gaya yang disebabkan oleh adanya air yang bergerak ke suatu arah yang menyebabkan arah gaya resultan tidak vertical keatas tetapi agak miring. Hal ini  menyebabkan bidang potensial dalam hal ini batas antara minyak dan hidrokarbon (minyak dan gas bumi) juga akan miring.

Dalam kenyataan di lapangan ada tiga jenis atau tipe perangkap reservoir, yaitu perangkap struktur, perangkap stratigrafi dan perangkap kombinasi antar keduanya.
1. Perangkap Struktural
Peangkap ini terbentuk karena adanya deformasi di dalam lapisan batuan yang berisi hidrokarbon atau minyak dan bumi. Perangkap structural ini dibedakan menjadi dua macam yaitu fault traps(perangkap struktur yang berupa sesar) dan anticlinal traps(peangkap structural yang berupa lipatan pada bagian antiklin).
• Perangkap Sesar
Perangkap sesar ini terjadi ketika formasi dari salah satu bagian dari sesar(baik yang HW atau FW) bergerak. Akibat dari berpindahnya salah satu formasi tersebut menyebabkan adanya bentukan yang dijadikan jalan dalam proses migrasi minyak dan gas bumi, dan kemudian minyak dan gas bumi yang telah bermigrasi akan terperangkap dalam zona sesar tersebut. Kadang fault trap ini terjadi karena salah satu bagian formasi dari sesar batuannya bersifat porous dan permeable dan yang satunya bersifat impervious. Minyak dan gas bumi bermigrasi melalui sisi dari formasi yang bersifat porous dan permeable dan kemudian minyak dan gas bumi tersebut tidak bias keluar karena terperangkap oleh bagian dari formasi yang bersifat impervious.

2. Perangkap Lipatan

Perangkap lipatan ini merupakan perangkap yang paling penting dalam pencarian reservoir minyak dan gas bumi. Unsur yang mempengaruhi pembentukan lapisan ini adalah adanya lapisan penyekat yang berada dia bagian atas dan pinggir, lapisan ini berfungsi sebagai penutup atau penghalang bagi minyak dan gas bumi untuk keluar setelah bermigrasi di dalam zona ini.

3. Perangkap Stratigrapfi

Perangkap stratigraphi merupakan perangkap yang terjadi karena adanya berbagai variasi lateral dalam litologi suatu lapisan reservoir atau penghentian dalam kelanjutan penyaluran minyak dan gas bumi.

Dalam perangkap stratigrafi ini ada beberapa unsure utama sebagai syarat terbentuknya perangkap ini yaitu:

  • Adanya perubahan sifat litologi dengan beberapa sifat reservoir  karena prosese pembajian, penyepihan atau persentuhan dengan bidang erosi sehingga dapat berfungsi sebagai penghalang permeabilitas.
  • Adanya lapisan penutup atau penyekat yang menghimpit lapisan reservoir kea rah atas dan pinggir.
  • Kedudukan struktur lapisan reservoir yang sedemikaian rupa sehingga dapat menjebak minyak yang naik.

Stratigrafi trap ini dapat secara garis besar dapat dibedakan menjadi tiga macam yaitu Traps related to unconformities, Diagenetic traps, dan Sedimentological traps.

  • Traps related to unconformities

Pada tipe ini hidrokarbon dapat terperangkap dibawah suatu unconformity oleh adanya truncation. Atau berada diatas lapisan unconformity ketika lapisan yang berporous berada pada posisi “jungkir balik” dengan lapisan  unconformity.

  • Diagenetic traps

Perangkap ini biasanya terjadi pada reservoir dari batuan karbonat yang disebabkan oleh cementation, dissolution and dolomitization yang berkembang kearah lateral.

  • Sedimentological traps

Tipe ini terbentuk karena proses deposisional yang menghasilkan suatu lapisan berporous teriolasi oleh lapiasan yang bersifat impermeable. Contoh Point bar yang dikelilingi oleh plain clays dalam fluvial system danBatu karang di lagoonal dan marine shales

4. Perangkap Campuran (kombinasi)

Perangkap ini merupakan tipe perangkap reservoir yang terbentuk oleh adanya kombinasi antara perangkap stratigrafi dan struktur.

5 Balasan ke Tipe Jebakan Reservoir

  1. gil savio mengatakan:

    Perangkap Sesar
    Perangkap sesar ini terjadi ketika formasi dari salah satu bagian dari sesar(baik yang HW atau FW) bergerak…….?
    kalo bisa anda bisa menjelaskan menganai maksud di atas dan berikan contoh contoh mengenai perangkap tersebut.

    • syawal88 mengatakan:

      Gil Savio pertanyaan yang bagus dan coba saya jawab dengan Intepretasi saya, seperti ini didalam migrasi hidrokarbon dibutuhkan pola pola trap yang mendukung untuk mudahnya fluida terperangkap pada zona yang lebi baik lagi. Pada zona sesar terbentuklah porositas sekunder yang dapat membawa fluida ini naik keatas atau formasi lainnya yang lebih porous dan terjebak disana bersamaan formasi lainnya. Cebakan ini dapat berupa struktur itu sendiri atau formasi yang lebih impermeabel contohnya adalah lempung atau shale

  2. ramos mengatakan:

    bagaimana migrasi vetikal dan horizontal bisa terjadi …?

    • syawal mengatakan:

      Ramos : migrasi itu adalah perpindahan fluida ke daerah yang mempunyai cakupan ruang yang bisa ditempati oleh hidrokarbon untuk menuju jalan yang paling luar. Secara intepretasi migrasi Vertikal dan horisontal akan dipengaruhi oleh proses struktur trap dan stratigrapic trap. karena dari celah celah tersebut fluida dengan leluasa melakukan migrasi

  3. numpang lewat mengatakan:

    mana gambarnya ?
    ane gak paham kalo gak ada itu ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: