Dugaan Panasbumi Jawa Tengah: 342 MWe

Panas bumi merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia dalam rangka untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. Sumber energi ini juga cenderung tidak dapat habis karena proses pembentukannya yang terus menerus selama kondisi lingkungannya dapat terjaga keseimbangannya. Panas bumi merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan berpotensi untuk dikembangkan di Indonesia dalam rangka untukmewujudkan kesejahteraan rakyat. Sumber energi ini juga cenderung tidak dapat habis karena proses pembentukannya yang terusmenerus selama kondisi lingkungannya dapat terjaga keseimbangannya.
Bagaimana Panasbumi Ini Terbentuk
“Upss takut euy, berarti tanahnya panas donk kalau gitu?”
Pengertian panasbumi tidak seperti diatas, Panasbumi adalah sumber panas yang mampu diciptakan oleh proses magmatisme bumi yang terdapat didalam bumi dan keluar sebagai sebuah manifestasi panasbumi.
Pada Gambar dibawah ini dijelaskan bagaimana sistematika Magma berkerja menciptakan energi Hijau ini;

Geothermal System

Magmatsme yang ada mempengaruhi daerah Reservoir yang banyak mengandung airtanah. Dari proses pemanasan air tersebut terjadi sebuah arus konveksi, yang menciptakan sebuah steam atau uap yang sangat bermanfaat untuk mengubah energi panas ke energi lainnya salah satunya adalah energi listrik. Panasbumi yang nampak ke permukaan akan keluar sebagai air panas, solfatara, alterasi kimiawi batuan, dan berbagai bentuk lainnya.

Mengambil si Panasbumi

Panasbumi yang banyak terdapat didalam bumi diambil hampir sama dengan cara mengambil hidrokarbon yaitu dilakukan sebuah pengeboran sampai ditemukan daerah sumber panas yang diinginkan. Untuk menaikkan dan memproduksi steam yang lebih banyak maka dilakukan juga penyuntikkan air yang fungsinya adalah menciptakan steam atau Uap.

cara mengambil energi panasbumi

setelah uap diambil lalu di transport ke Heat Exchanger yang fungsinya untuk mengubah panas dan selanjutnya ke Powerplant dan disinilah energi listrik tercipta.
Prospek Panasbumi Jawa Tengah
Penunjukan potensi panasbumi di Jawa Tengah memang besar namun pengolahannya pun masih minim karena proses pembangunan PLTP ini sangat mahal, apalagi ada sebagian masyarakat yang menganggap pembangunan PLTP ini akan merusak lingkungan.

Tabel Potensi Panasbumi Jawa Tengah (Sumber Atlas Panasbumi)

dari sekian banyaknya potensi yang baru diusahakan adalah PLTP dieng dengan kapasitas energi 100 MWe saja. Dan ingat energi ini ramah lingkungan dan ketergantungan kita terhadap sumber listrik dari minyak dan batubara yang semakin hari semakin turun dapat teratasi atau bahasan lainnya adalah Pemadaman Listrik Secara Bergilir tentunya akan  jarang terjadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: