Gempa Sudah Biasa di Indonesia, Bung?

Gempa Bumi siapa Takut

hari ini kepengen nge Cerpen kan apa itu Gempa? habis negara ini selalu heboh apabila ada namanya gempa, gempa dan gempa. Sebagai calon geologist gempa sudah jadi pelajaran yang umum eh biasa untuk diketahui mulai dari asal muasal dan sifat gempa itu sendiri tentunya.

Lalu secara Geologi apa yang dimaksud dengan Gempa, kata mbah Wiki Gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi. Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi).

Jadi Intinya sesuatu yang bergetar di muka bumi

Nah menurut asal muasalnya gempa bisa diakibatkan oleh 2 tipe yaitu Tektonik dan Vulkanik, nah penjelasannya sebagai berikut ;

  1. Gempa bumi vulkanik ( Gunung Api ) ; Gempa bumi ini terjadi akibat adanya aktivitas magma, yang biasa terjadi sebelum gunung api meletus. Apabila keaktifannya semakin tinggi maka akan menyebabkan timbulnya ledakan yang juga akan menimbulkan terjadinya gempabumi. Gempa bumi tersebut hanya terasa di sekitar gunung api tersebut.
  2. Gempa bumi tektonik ; Gempa bumi ini disebabkan oleh adanya aktivitas tektonik, yaitu pergeseran lempeng lempeng tektonik secara mendadak yang mempunyai kekuatan dari yang sangat kecil hingga yang sangat besar. Gempabumi ini banyak menimbulkan kerusakan atau bencana alam di bumi, getaran gempa bumi yang kuat mampu menjalar keseluruh bagian bumi. Gempa bumi tektonik disebabkan oleh perlepasan [tenaga] yang terjadi karena pergeseran lempengan plat tektonik seperti layaknya gelang karet ditarik dan dilepaskan dengan tiba-tiba. Tenaga yang dihasilkan oleh tekanan antara batuan dikenal sebagai kecacatan tektonik. Teori dari tectonic plate (lempeng tektonik) menjelaskan bahwa bumi terdiri dari beberapa lapisan batuan, sebagian besar area dari lapisan kerak itu akan hanyut dan mengapung di lapisan seperti salju. Lapisan tersebut begerak perlahan sehingga berpecah-pecah dan bertabrakan satu sama lainnya. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya gempa tektonik

Lalu Mengapa di Indonesia sudah terbiasa terjadi Gempa? inilah menariknya cerpen ini.

Peta Kedalaman Gempa di Indonesia

dari gampar diatas bisa dilihat peta kejadian gempa yang sering terjadi di Indonesia, dengan tingkat kedalaman yang berbeda-beda. Selain itu kondisi Indonesia yang terletak diantara pertemuan lempeng dimana masing masing lempeng terus bergerak satu sama lain sebanyak 5-10 cm/tahun.

Catatan The International Institute of Seismology and Earthquake Engineering, dalam kurun waktu 15 tahun, yaitu antara 1 Januari 1970 hingga 31 Desember 1984, telah terjadi 6148 kali gempa bumi yang besarnya 4-7 SR atau rata-rata terjadi 413 kali gempa dalam satu tahunnya. Gempa yang kuat atau memiliki besar lebih dari 5 SR sehingga dapat merusak bangunan, rata-rata terjadi satu hingga dua kali dalam setahun.

Lalu kenapa daerah tertentu saja yang banyak rusak?

Hal ini diakibatkan oleh struktur tanah yang buruk dan adanya struktur geologi yang intensif pada daerah tersebut, kita ambil saja kejadian Gempa Sumatera Barat ditahun 2009, dimana Gempa bumi Sumatra Barat merupakan gempa tektonik yang berasal dari sesar geser semangko, gempa ini berkekuatan 7,6 Skala Richter mengguncang Padang-Pariaman, Indonesia. Sesar sendiri adalah sebuah patahan (struktur geologi) yang bergerak. dan imbasnya daerah dikisaran tersebut akan mengalami efek yang paling fatal. untuk melihat update terjadi gempa yang ada kita bisa mengetahui melalui situs BMKG disini, dari website tersebut kita dapat mengetahui gempa yang baru terjadi.

Contoh contoh sesar (patahan)

nah diatas adalah beberapa contoh sesar yang digambarkan dalam bentuk animasi. jadi ketika terjadi getaran maka pada daerah yang rawan tersebut akan mengalami pergerakan massa yang akhirnya berdampak pada pondasi bangunan di permukaan.

Lalu bagaimana kita menyelamatkan diri kita dari gempa;

bagian ini saya dapatkan bersumber dari pak dhe Rovicky Blogger geologi indonesia yang jadi panutan saya disini

Tindakan saat terjadi gempa bumi

Jika gempabumi menguncang secara tiba-tiba, berikut ini petunjuk singkat yang dapat dijadikan pegangan dimanapun anda berada. Namun secara mudah karena kita tidak akan tahu bakalan sebesar mana gempanya, maka penyelamatan pertama adalah menghindarkan diri dari kejatuhan benda.

Di luar rumah (jalan).

Sekali lagi satu yang terpenting dan harus diingat adalah menghindari barang yang berjatuhan. Jauhi gedung tinggi, karena sering kaca akan pecah berhamburan yang berbahaya bagi yang berada dekat dinding gedung tinggi. Lindungi kepala dengan tas atau barang apa saja, termasuk dengan kedua tangan.

Biasanya goyangan hanya beberapa saat gempa. Namun harus dingat kemungkinan akan ada gempa susulan. Jedanya bisa cukup lama untuk mencari tempat yang lebih aman.

Di dalam rumah (lantai 1).

Ketika awal goyangan terjadi usaha pertama adalah menghindari kejatuhan benda. Cobalah bersembunyi di kolong meja atau kolong tempat tidur. Apabila dekat dengan pintu, usahakan keluar rumah sambil memperhatikan kalau saja ada benda jatuh dari atas.  Apabila sedang di dapur menyalakan kompor, matikan apinya segera.

Ketika goyangan utama reda (seringkali kurang dari 2 menit), usahakan keluar rumah, terutama apabila sebelumnya tidak sempat lari. Dan mencari tempat aman dari rubuhnya tembok rumah yang mungkin sudah rapuh.

Di Mall, perkantoran atau tempat umum.

Kepanikan sering mencederai atau bahkan berbahaya karena jatuh terinjak. Usahakan jangan panik, atau apabila mungkin ikut menenangkan orang-orang sekitar. Tetapi tetap harus teringat untuk menghindari dari kejatuhan barang dari atas. terutama dari pecahan kaca.

Setelah terhindar dari gempa utama, ikuti petunjuk petugas. Banyak gedung-gedung serta mall-mall di Indonesia yang sudah melatih petugas dalam kondisi bahaya. Apabila akan evakuasi maka proses evakuasi akan diatur oleh mereka. Yang perlu diperhatikan adalah menghindari penggunaan lift, konstruksi yang rusak dapat menjadikan lift tersangkut.

Didalam kendaraan atau kereta api.

Apabila anda sedang mengendarai kendaraan termasuk sepeda motor dan tahu atau merasakan sedang gempa, usahakan menepi  menjauhi jembatan, tebing curam dan berhenti. Namun seringkali pengendara tidak merasakannya karena goyangan gempa sering lebih kecil ketimbang goyangan kendaraan. Jalan yang bergoyang tentunya sangat membahayakan kendaran yang sedang melaju.

Setelah goyangan selsesai carilah informasi dari radio atau coba menghubungi rekan lain. Apabila dalam kendaraan umum usahakan tidak membuat panik dan ikuti petunjuk petugas.

Sedang di gunung atau perbukitan.

Mungkin saja anda sedang pergi keluar kota ketika gempa. Ketika merasakan goyangan gempa hindari tebing yang curam. Carilah tempat yang datar (landai).

Carilah informasi di radio atau hubungi rekan anda setelah goyangan mulai reda.

Di Pantai.

Saat terasa goyangan larilah ke tempat tinggi yang landai. Ini untuk menghindarkan diri dari kejatuhan dan adanya longsoran. Yang paling sering ditakuti ketika di pantai justru tsunami yang terpicu oleh gempa. Tetapi pada saat kejadian gempabumi itu kita tidak tahu bakalan ada tsunami atau tidak.

Mencari informasi lewat radio atau televisi akan membantu anda mengerti dimana dan seberapa besar gempanya. Kalau ada tsunami seringkali terjadi setelah selang waktu 20 menit hingga satu jam. Usahakan memonitor lewat radio sambil berjaga-jaga kalau saja ada amaran tsunami (tsunami warning). Carilah tempat yang tinggi.

Menanti gempa susulan terjadi.

Masa kritis dalam peristiwa gempabumi diatas terjadi hanya beberapa menit saja. Namun didaerah pemukiman padat, goyangan gempa susulan seringkali justru lebih membahayakan karena konstruksi bangunan sudah rapuh terkoyak oleh gempa utama. Sehingga ketika melakukan evakuasi atau pertolongan harus mengingat kondisi bangunan sekitarnya.

Apabila anda tidak menguasai teknik pertolongan, usahakan berada ditempat yang aman. Hindari bangunan tinggi termasuk pagar dan tembok yang rapu

5 Balasan ke Gempa Sudah Biasa di Indonesia, Bung?

  1. aris mengatakan:

    keren banget blognya, mungkin kamu butuh software design grafik, windows atau mau download film silahkan kunjungi http://abdoelcharies.blogspot.com/, semoga bermanfaat

  2. sangprofesor mengatakan:

    uhum. Sebagai calon geologist, memang mungkin gempa sudah jadi pelajaran yang umum/biasa. Tapi bagi kaum mukminin, semuanya terjadi atas kehendak-Nya, pasti ada jawaban dari setiap rangkaian peristiwa, semoga saja semuanya semakin mendekatkan diri kita kepada Dia, Sang Pencipta Alam Semesta. Aamiin…

  3. syawal mengatakan:

    ya sesungguhnya di Al quran sendiri Allah telah menjawab segala sesuatu tersebut

  4. lelouch mengatakan:

    semoga dengan banyaknya gempa yang terjadi di indonesia … indonesia bisa bangkit seperti jepang!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: