Tulislah dan Melalangbuanalah Anda Dengan Karya Anda

setumpuk Karya Anda

setumpuk Karya Anda

Yup meski judulnya gak ada kaitan dengan geologi tapi nampaknya sudah jadi kharusan untuk saya membuat sebuah cerita pendek tentang hal ini berkaitan tentang menciptakan penulis geologi luar biasa di dunia maya. Saya pun menulis blogpun karena dilatari saya kurang kerjaan dan akhirnya menjadi sebuah hobi yang menarik. Dan nampaknya saya kena kecanduan Blogging. Menulislah karena menulis itu baik, menjadi sebuah pedoman yang amat unik untuk kita lakukan, dan dari menulis semua orang akan tahu betapa besarnya sebuah karya seseorang. Dari karya tersebut berapa banyak orang yang akan terbantu dan termotivasi untuk jadi lebih baik dari si Penulis yang tulisannya di plototi oleh si pembaca.

Yang pertama disiapkan dalam sebuah tulisan adalah Niat, Niat, Niat, dan lakukanlah niat tersebut. dan tulisan diblog inipun bermula dari sebuah niatan dan berbagi dan tak berharap untuk terus dikunjungi sampai akhirnya menjelang tulisan ini selama 2 tahun pengunjung blog ini sudah dikunjungi 17.000 ribu kali sebuah kunjungan yang amat fantastis menurut saya bagi seorang penulis amatiran seperti saya. Dari menulis pulalah hobi saya mengikuti even even kompetisi bermula dan itu dimulai dari even even kecil-kecilan yang pada akhirnya bisa menghasilkan uang dan alhamdulillah lumayan untuk nambah uang saku sebagai anak Kos-Kosan dan mahasiswa pas-pasan, dan semuanya bermula dari sebuah Tulisan.

Di Geologi begitu banyak yang harus di ceritakan mulai dari sejarah pembentukan bumi (pre-Kambrium) sampai era sekarang alias Holosen, dan tentunya sampai bumi ini akan terjadi sebuah Kiamat. Ya Geologi dapat menceritakan itu sangat menarik meskipun terkadang tidak masuk akal, tapi percayalah selama kita menulis semuanya bisa masuk akal. kenapa saya berani katakan bisa masuk akal? ya tentu saja, karena semua tulisan didsarkan oleh sebuah akal pikiran atau istilah awamnya adalah Argumentasi dan istilah geologinya adalah Intepretasi.

Menulis tidak harus ilmiah tapi menghibur saja boleh boleh aja hal itu saya dapatkan di beberapa tulisan kawan kawan geologi yang punya blog, agar bisa menghibur dirinya sendiri dan menyenangkan orang lain. Menulis juga bisa jadi ajang curhat-curhatan masalah mulai dari masalah pribadi sampai masalah sosial, mulai dari masalah percintaan ampe masalah perjombloan semuanya bisa saja terangkum secara CIAMIK dalam sebuah tulisan.

Bagaimana menulis sebuah paper?

1. Tidak Harus Jenius

haruskah orang yang menulis paper itu harus orang dengan IPK cumlaude, punya segudang prestasi, dan tentunya orang orang cerdas, dan tanggapan ini harus kita buang buang jauh  ke ujung dunia. Yup semua orang yang menulis paper atau penelitian semuanya berlatar belakang niat (meskipun lebih banyak di pengaruhi kenekatan seperti 2 geologist UNDIP sebut saja saudara Aveliansyah dan Rizqi Syawal yang menulis menurut saya bukan karena kecerdasan intelektual tapi karena adanya niat dan kesempatan dan lebih utamanya adalah modal Nekatss, lalu bagaimana dengan anda. . . . . . . . .? saya hanya bisa mengatakan selama bisa nulis ya ayo kita menulis, kan sama Allah dah dikasih akal, pikiran, dan Tangan kenapa kita ogah-ogahan untuk menulis sedangkan kalau mbuat surat cinta dan puisi cinta semua bisa ngelakukan kenapa buat paper tak bisa?

2. Ide Nulis

Setelah Niat yang perlu dilakukan mencari sebuah Ide atau Inspirasi tidak harus di ruangan belajar yang dipenuhi oleh ratusan buku-buku tapi juga bisa dilakukan ditempat tempat yang tak terduga misalnya aca di WC Umum, Kantin, warung makan, Masjid, dan sebagainya, yang penting tempat itu bisa menemukan sebuah ide ide cemerlang yang bakal nantinya dikenang sejarah peradaban (terlalu tinggi kali ya bahasanya….), bahkan pernah suatu kali saya ngedapati ide tulisan gara2 gak sengaja ngobrol ringan di dunia maya dan jadilah sebuah tulisan yang tak bernilai (gak apa-apa yang penting bisa berkarya)

3. Tentukan Judul Paper Anda

Niat udah, Ide juga dah ketemu selanjutnya membuat sebuah judul maha dahsyat yang bakal membuat semua orang tertarik bahkan cicak pun kalau liat tuh judul bakal jtuh dari Atap rumah karena rasa penasaran terhadap Judul yang buat si cicak mabuk kepayang. Judul sangatlah penting karena semua orang akan meniali pertama kali dari apa yang bakal kamu tulis meskipun terkadang isinya tidak sedahsyat judulnya tapi percayalah orang akan hargai kamu dimulai dari judulnya.

4. Diskusikan Karya Anda

Setelah sebuah tulisan jadi untuk meraih hasil maksimal anda perlu mendiskusikan tidak harus 2 arah satu arahpun cukup, maksudnya kalau 2 arah adalah komunikasikan dengan pakarnya atau teman yang menurut anda mumpuni, nah kalau satu arah bertanyalah pada guru-guru tak Nyata anda melalui buku buku referensi yang menyangkut karya anda. Saya yakin diskusi itu akan memperbaiki tulisan anda yang tadi tulisan biasa biasa menjadi sebuah tulisan Dewa.

5. Lakukan Eksperimen eksperimen Dahsyat Dari Sbelumnya.

Nah ini yang membedakan antara penulis biasa dan penulis yang gak biasa, penulis yang gak biasa ini biasanya punya rasa yang selalu tidak puas, dari rasa ketidakpuasan itulah dia rakus melakukan eksperimen ekserimen untuk mencapai rasa kepuasan atau klimaksnya. Jangan takut orang bilang apa tentang eksperimen anda selama anda yakini bahwa eksperimen itu menurut anda sudah sesuai karena kebanyakan orang hanya bisa mengkritik tapi melakukan eksperimen seperti anda, mereka 0 (nol).

Tulisan tulisan itulah yang bakal membawa anda, almamater, dan tentunya kehidupan anda akan melalang buana mengitari dunia secara abstrak karena tulisan anda akan selalu menjadi sebuah inspirasi, tuntunan, dan semangat kehidupan (semoga aja begitu…) dan mendapatkan hal yang semua manusia inginkan yaitu ilmu yang bermanfaat yang pada akhirnya imbasnya berupa PAHALA

Paijo : “ohhh begitu ya kalau Nulis paper, kirain sulit ???”

Cerpenist : ” ya Jo, nulis paper gitu doank kok?, sana kamu mulai nulis ya Jo”

Paijo : ” siap dimulai dengan surat Cinta ya bro…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: