Geologi itu Menarik Bung???

hmmm jadi keinget deti detik tanggal 2 Desember 2010 jadi tanggal menarik bagi kehidupan si ceropenist ini karena kehidupan baru sedang kutempuh, ya pada tanggal itu saya sidang sarjana dengan mengambil tema tentang manas-manasibumi. alias energi terbarukan yang sedang naik pohon energi yang biasa disebut Geothermal. Dan kali ini saya ingin bercerpen ria bahwa Geologi itu menarik Bung dan saya sudah merasakan ketertarikan itu.

1. Geologi itu Mudah

Ya saya hanya ingin bilang bahwa tidak ada yang sulit di geologi kalau kita punya kemauan untuk memahami tentang Geologi. Geologi bukan ilmu klenik, geologi juga bukan ilmu mematikan atau ilmu dengan semiliar rumus tapi Geologi adalah ilmu bumi, dan ternyata bumi itu menarik untuk dipelajari. Bagaimana tidak Bumi ini sudah tua rennta dalam artian lebih dari 10 Juta tahun yang lalu bumi sudah terciPta.Mulai dari jaman pra kambrium sampai holosen alias Abad 21 sekarang ini.

2. Geologi itu IPA, sekali lagi IPA???

banyak yang mengira bahwa geologi itu IPS alias sosial, saya jawab mungkin tapi diIngat kalau spmb ataupun tes UM UM megatakan bahwa geologi itu masuk didalam golongan IPA. hmm bukan berarti karena IPA ilmu ini bagaikan ilmu menakutkan tapi tenang saja geologi akan embawa kita berkhayal menuju jutaan tahun yang lalu bagaimana proses proses alam mulai terbentuk, Bumi yang menyatu kemudian berpisah terurai yang kemudian proses ini terkenal mendunia menjadi proses PANGEA, dan karena itulah kita belajar mengenai apa yang terjadi pada alam karena alam begitu menggoda.

3. Pendidikan Tinggi Geologi ada dimana saja toh???

untuk sementara ini geologi hanya terdapat pada beberapa perguruan inggi baik negeri maupun swasta untuk negeri Geologi ada di UNDIP (tempat saya kuliah), ITB, UNPAD, UGM, UNHAS, dan UNSUD. sedangkan untuk Perguruan tinggi swasta terdapat pada UPN Veteran Yogyakarta, STTNas, ISTA Akprind, Universitas Pakuan, Universitas Tri Sakti, Institut Teknologi Medan, ITATS, Unipa, Akademi Geologi Pertambangan, ISTP, bagi yang belum tersebut mohon bantuannya untuk melengkapi, oal kualitas saya rasa semua sama karena ilmu itu yang terpenting bagaimana kita bisa memotivasi diri kita untuk jadi geologist handal.

4. Lulusan Geologi

Jangan khawatir konon katanya air beriak tanda tak dalam , maksudnya???? hmmm mungkin tidak punya maksud apa apa kalee,. Tapi kalau mau ditanya lulusan geologi itu ya kerjanya dibidang geologi, contohnya bidang hidrogeologi, Petroleum alias minyak dan gas, geologi teknik, pengawas lingkungan, ahli vulkanologi (kayak Pak Surono), Pegawai negeri, ahli panasbumi, CBM, tambang batubara, emas, bauksit, dan lainnya. Apalagi negeri kita yang terkenal kaya akan sumber daya geologinya mari kita peratikan beberapa perusahaan besar yang ada di negeri ini contohnya PERTAMINA, Chevron, Star Energy, Conocco Philips, ANTAM, PT Timah, PT Bukit Asam, PT Pama Persada, KPC (punyanya bakrie group), Arutmin, Medco, BP, dan masih banyak lainnya, hmmm sungguh gak biasa bukan….

dan saya terangkan bahwa geologi indonesia itu menarik, sangat menarik, bahkan banyak peneliti geologi berbondong bondong meneliti keunikan alam Indonesia salah satunya daerah yang terkenal adalah Karang Sambung, Kebumen, Jawa Tengah, dan daerah Bayat, Klaten, Jawa Tengah. Dan beberapa tempat geologi unik lainnya di belahan bumi ini….. ANDA TERTARIK DENGAN GEOLOGI??? Silahkan cicipi fenomena yang menjubkan ini

8 Balasan ke Geologi itu Menarik Bung???

  1. Kiki mengatakan:

    aku nemu blogmu di google,,like thiss..
    Pasti muridnya pak wahju ya??
    Pakde ku tuh

  2. Hmm ma kasiH, ya saya Mahasiswanya beliau, whew, thanks dah mau ngunjungi blog yg amat sederhana ini

  3. Kiki mengatakan:

    Bgs kok,,cukup mendidik,aq jg pgn ngembangin blog ku,amn lum ad ide,hehe,
    Ehhh di geologi yg mempelajari molusca apaan?paleontologi jg?dl ak pnh k kmpusmu kt4 pakde,liat cangkang2 gastropod u/penelitianku

  4. syawal mengatakan:

    hmm kalau fosil itu berhubungan dengan paleontologi kebetulan paleontologi dibagi lagi menjadi Makro dan Mikro, selamat mengembangkan ide nya dalam bLOg ya… jadi blogwalking itu menarik

  5. arie may mengatakan:

    Wal, gimana kabar kw?
    Aduh, aku mandek bingung mau nulis artikel apaan.
    Ada ide gak boy?

  6. syawal mengatakan:

    Alhamdulillah baik bung, tulis aja cerita tektonik jawa secara umum brooo

  7. unyuu mengatakan:

    banyak gak si cewek yang minat di geologi?

  8. Opaey mengatakan:

    Banayk banged cewek di geologi, apalagi di unsoed..😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: