Bengkulu, Negeri Pantai Raflesia Bermandikan Emas

Bengkulu Negeri Raflesia dengan Taburan Kekayaan Geologi

Akhirnya bisa kembali menulis sebagian cerita pendek geologi didalam blog saya ini, kali ini saya mau nyerpenkan masalah Bengkulu. Yup propinsi di pesisir sumatera ini cukup menarik secara geologio bagaimana tidak isu tentang adanya Gunung Api Bawah Permukaan Laut sudah membuat orang makin meneliti tentang keadaan geologi wilayah ini. Bengkulu tentunya tidak hanya terkenal dengan pesona raflesianya saja tapi lingkunagannya pun sangat bagus untuk di ceritakan.

Pantai Pesisir

Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu

Salah satu pantai yang terkenal di pesisir bengkulu adalah pantai Panjang.   Pantai panjang Bengkulu adalah objek wisata yang sangat eksotis karena hamparan pasir putihnya yang masih alami dapat membuka inspirasi akan kebesaran yang maha kuasa. Pantai ini tepatnya berada disebelah barat Kota Bengkulu. Untuk mencapai lokasi yang hanya berjarak 1.5 km dari pusat kota ini dapat ditempuh dengan naik Sado atau Delman yang merupakan angkutan tradisionil yang ada di Kota Bengkulu. Sambil menyelusuri pantai kita dapat menikmati matahari terbenam (Sunset) pada sore harinya.

Pantai panjang memiliki panjang tujuh kilometer dan merupakan salah satu pantai terpanjang di Indonesia. Keunikan lainnya dari pantai panjang ini adalah di sepanjang pantai kita bisa lihat Pohon Cemara. Pohon ini oleh pemerintah Bengkulu di jadikan kawasan yang di lindungi.

Selain Pantai Panjang masih banyak Pantai lainnya yang terdapat didaerah Bengkulu ini, yang selalu mengiringi jalanan lintas sumatera di sepanjang jalan tersebut.

Rejang Lebong

Rejang Lebong sendiri adalah daewrah yang menarik dalam potensi wisata, Kabupaten Rejang Lebong adalah sebuah kabupaten di provinsi BengkuluIndonesia. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 4.109,8 km² dan populasi sekitar 250.000 jiwa. Ibu kotanya ialah Curup Terletak di pegunungan Bukit Barisan dan berjarak 85 km dari kota Bengkulu. Penduduk asli terdiri dari suku Rejangdan suku Lembak. Suku Rejang mendiami kecamatan Curup, Curup Utara, Curup Timur, Curup Selatan, Curup Tengah, Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya,dan sebagian Selupu Rejang. Suku Lembak mendiami kecamatan Kota Padang, Padang Ulak Tanding, Binduriang, Sindang Dataran, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir dan Sindang Kelingi. (sumber: Wikipedia).

Gunungapi Bawah Laut

Gunung api bawah laut berada di Palung Sunda di barat daya Sumatera, 330 km dari Bengkulu, di kedalaman 5,9 km dengan puncak berada di kedalaman 1.280 meter dari permukaan laut. Meskipun gunung ini diketahui memiliki kaldera yang menandainya sebagai gunung api, para pakar mengaku belum mengetahui tingkat keaktifan gunung api bawah laut ini.  Penelitian ini dilakukan oleh tim peneliti tentang survei struktur dan kegeologian wilayah sumatera bagian barat. Para peneliti tersebut antara lain adalah ahli geologi yang berasal dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, CGGVeritas dan IPG (Institut de Physique du Globe) Paris.

Kegeologian Bengkulu

Dari pene;litian yang dilakukan oleh tim LIPI dengan menggunakan Penafsiran citra Radar dan Landsat serta pengamatan lapangan bertujuan untuk mengetahui potensi geologi daerah Bengkulu, sebagai salah satu data untuk pengembangan wilayah
Hasil penelitian menunjukkan bahwa satuan batuan di daerah ini terdiri dari satuan batuan volkanik Tersier Formasi Hulusimpang, batuannya berupa breksi volkanik, dibeberapa tempat mengalami mineralisasi. Formasi Bal batuannya breksi gunung api dan tufa. Satuan batuan sedimen Tersier dan Kuarter yang terdiri dari Formasi Seblat tersusun oleh perulangan batu-pasir, batulempung, batulanau sisipan batugamping. Formasi Lemau terdiri dari batulempung, batupasir sisipan batubara. Formasi Simpangaur berupa batupasir tufaan, batulempung. Formasi Bintunan yang berupa konglomerat aneka bahan. Satuan batuan lainnya adalah batuan intrusi yang berumur Tersier terdiri dari granodiorit dan andesit. Satuan gunung api kuarter yang didominasi oleh breksi dan tufa sena satuan endapan aluvial. Struktur sesar yang berarah baratlaut – tenggara merupakan sesar Seblat – Ketahun yang mengindikasikan sebagai sesar aktif. Disamping itu dijumpai beberapa sesar lain yang berarah timurlaut – baratdaya. Struktur berbentuk melingkar dan poligonal mengindikasikan sebagai daerah mineralisasi terutama di daerah Ulu Ketenong, Tebolai, Lebong Tandai, dan Seblat

Potensi Geologi

Daerah alam bengkulu mempunyai potensi mineral dan batubara yang sangat berprospek secara ekonomi, keterdapatan batubara banyak ditemukan didaerah Bengkulu Utara dan Selatan, sedangkan potensi emas terdapat dikisaran pejajaran bukit barisan, kisaran kabupaten rejang lebong dan daerah kecamatan puteri hijau yang mempunyai potensi emas yang belum terlalu di eksplorasi lebih lanjut.


Satu Balasan ke Bengkulu, Negeri Pantai Raflesia Bermandikan Emas

  1. Prihatin Tri Setyobudi mengatakan:

    lha dalah… mari diteliti lanjut..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: