Mungkinkah Oil akan habis 10 – 15 Tahun Lagi?

Alhamdulillah dengan semangat baru untuk terus berbagi. Kali ini mau dongengkan sedikit apakah sumber daya alam oil itu akan habis dalam 10-15 tahun lagi seiring prediksi yang terus mengatakan minyak akan habis dan pencarian energi baru mulai dilakukan mulai yang bersifat renewable sampai biofuel yang dihasilkan dari tumbuhan. Seiring majunya tekhnologi yang maju dan makin misterinya isi bawah permukaan yang sulit untuk terus diprediksi maka pernyataan 15 tahun lagi minyak akan habis bisa mungkin terjadi? Jawabannya bisa iya dan bisa tidak.

1. Bila Pemikiran akan Penemuan Hidrokarbon terus Berkembang.

Marcel Schlumberger

Marcel Schlumberger

Pada mulanya peneliti menemukan minyak hanya sebagai sebuah rembesan yang nampak dipermukaan dan saat kini jauh dibawah bumi sana para ahli geoscientist yang dikawal oleh disiplin ilmu geologi, geofisika, petroleum, dan lainnya mampu melihat prospek jauh disana. Mulanya para ahli seperti  Marcel Schlumberger seorang pakar fisika menemukan cara untuk mengetahui gambaran bawah permukaan dengan melihat rambatan yang terbentuk antar batuan.

Rambatan itu kemudian dilakukan sebuah pengamatan lebih mendalam dan timbulah teori schlumberger dimana ia mampu melihat bentuk batuan dibawah permukaan tanpa harus menggali tanah atau memasuki permukaan secara langsung. Scientist kemudian berkembang jauh lebih maju lalu muncullah ide untuk mengambil “bahan ekonomis” dibawah sana dengan melakukan pengeboran secara sederhana mula mulanya lapangan minyak tua dahulu. mulai dengan membuat sumur tua yang diangkut dari bawah dengan tenaga manusia dan di katrol secara manual ribuan meter sampai sumur yang dipompa, dan kini sumur sumur tersebut beralih menjadi rig dan bersifat lebih otomatis pengerjaanya. Bawah permukaan yang penuh misteri keberadannya menjadi daya tarik sendiri untuk terus dilakukan penelitian ilmiah tentang potensi sumberdaya alam terutama oil and gas , karena SDA inilah yang masih amat terpenting.

Saat ini sedang digalakkan mencari kandungan  hidrokarrbon didalam batuan basement, yang dahulu para geoscientist tidak pernah berpikir ada minyak disana. Tapi lewat pemikiran baru dan teknologi yang canggih saya rasa sampai 30 tahun kedepan cadangan oil and gas bakalan terus menerus ada

2. Melakukan evaluasi terhadap sumur-sumur Tua

Saat ini konsep eksplorasi dengan melakukan konsep baru pada sumur tua terus dilakukan dengan berbagai macam variannya. Bukan tak mungkin sumur sumur tua yang seharusnya sebentar lagi tutup usia mempunyai cadangan yang baik kita ambil contoh penemuan sumber hidrokarbon pada daerah cekungan blora (lapangan cepu, red) yang ternyata punya potensi yang luar biasa sebagai cadangan. sumur sumur tua yang ada saat ini masih harus di evaluasi lebih lanjut. Apalagi cekungan hidrokarbon Indonesia yang relatif banyak dan masih terus dikaji.

3. Adanya sifat pantang menyerah

Ini dia yang perlu dipunyai seorang explorationist dia selalu punya hal hal yang baru sebagai modal inovasi utama. Kita harus mempunyai sifat yang tak mungkin bisa menjadi mungkin karena dibawah permukaan sana, semua bisa terjadi, dan migrasi hidrokarbon terus terjadi selama terdapat ruang bebas untuk fluida bermigrasi. Apalagi saat ini adanyaenergi Hidrokarbon baru seperti LNG dan CBM yang semuanya masih terus dilakukan penelitian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: