Expedisi Cincin Api atau Sabuk ??

kalau salah satu surat kabar nasional kini tengah gencar gencarnya memberitakan cincin api maka blog ini juga mau bercerita tentang apa itu cincin api???

Sebenarnya Cincin api itu adalah sekumpulan jalur gunung api yang berada di sirkum pasifik, nah indonesia hanya menjadi bagiannya saja, jadi secara tidak langsung kurang tepat kalo ekspedisi cincin Apinya hanya di Indonesia saja, Ya sudah mari kita sedikit bercerita tentang Tuh Cincin Api.

Dimulai dari kenapa daerah kisaran paparan samudera dan benua lebih banyak Gunung Api jawabangya tidak lain adalah “Takdir” , tapi ngacoooo. Gunung Api terbentuk karena adanya proses Konverge, dan divergen. (lah apa lagi nih), ya intinya Gunung api di hasilkan oleh proses subduksi yang berada diantara kerak benua dan samudera.

Ring Of Fire
Ring Of Fire

nah peta diatas melihatkan bentukan secara umum gunung api yang aktif dan serangkaian jalur gunung api yang terkenal dengan Cincin Api, Lalu so whats?? kalau kita tahu tentang Gunung Api…… Jawabanya adalah tidak lain dan tidak bukan adalah kita harus menyadari Bahwa kita hidup diantara kawasan Cincin Api tersebut yang sewaktu waktu akan merasakan efeek dari letusan tersebut dan gempa terutama Vulkanik. dan tercatat dalam sejarah letusan gunung api yang tercatat dalam Kitab letusan Gunung karya Alam Semesta yang sangat dahsyat pernah terjadi di Indonesia salah satunya adalah Krakatau dan Tambora.

Tambora 1815
Tambora 1815

Gunung Tambora adalah salah satu letusan terbesar yang ada diantara tahun 1700 sampai sekarang. Charles Lyell (1797-1875) dalam bukunya Principles of Geologymenuliskan bahwa akibat letusan ini populasi penduduk 12.000 di Tambora tersisa hanya 26 individu. Heinrich Zollinger seorang misionaris pada tahun 1855 mengestimasi jumlah korban akibat letusan Tambora adalah sekitar 10.000 manusia.

03

Debu volkanik yang dimuntahkan oleh Tambora melingkupi daerah seluas 500.000 km2. Akumulai debu vulkanik di angkasa yang sangat banyak menyebabkan area seluas 300 km2 di sekitar Tambora tertutup sinar matahari selama 3 hari. Ketebalan debu volkanik akibat letusan ini tercatat 100 cm di Sumbawa, 60 cm di Lombok dan 30 cm di Bali. Debu volkanik yang asam juga meracuni persawahan, menutupi saluran irigasi dan mematikan tanaman perkebunan lainnya. Kelaparan merebak di Pulau Sumbawa menjangkiti 38.000 penduduk dan 36.000 lainnya meninggalkan pulau menuju Jawa. Di Lombok 20.000 penduduk meninggal akibat kelaparan dan 100.000 lainnya migrasi menuju Pulau Jawa. Pulau Jawa saat itu sudah padat penduduk sehingga terjadi konflik sosial akibat migrasi tersebut.

Batu apung yang terbentuk akibat letusan sangat melimpah ditemukan di Laut Jawa. Selama hampir 4 tahun, batu apung ini masih bisa ditemui oleh kapal-kapal yang melintas perairan ini.

Erupsi Tambora juga menyebabkan perubahan cuaca di seluruh penjuru dunia. Di India, menyebabkan perubahan pola arah angin sehingga menyebabkan kekurangan hujan di sebagian besar daratan di India dan wabah kekeringan terjadi pada 1816. Kebalikannya, di Bangladesh pola angin yang membawa hujan menyebabkan bencana banjir pada bulan september. Hal yang serupa juga terjadi di China akibat luapan dari sungai Yangtze dan Yellow.

CINCIN API Atau SABUKĀ  ??

dari sub judul diatas jelaslah bahwa jalur pegunungan api di Indonesia itu masih masuk dalam sabuk gunung api, dan tentunya waspadalah dan persiapkan melatih pribadi kalian.

7 Balasan ke Expedisi Cincin Api atau Sabuk ??

  1. Geo_2008 mengatakan:

    wah wah ternyata di bohongi media lagi Hmmm

  2. Bang Arul mengatakan:

    Maklum Pak ekspedisi cincin api itu ngga ada orang geologinya, isinya cuma sekumpulan jurnalis yg backgroundnya sastra/fisip. Mentok2 geografi doang yang paling deket..

  3. Bang Arul mengatakan:

    Nambahin lagi, menurut saya penamaan cincin api ga masalah, soalnya saya lebih familiar dengan istilah The Ring of Fire Indonesia, bahkan Syamsul Rizal Witiri (2007) dalam buku Gunungapi Indonesia juga menyebutkan begitu. Soalnya saya juga belum pernah dengar The Belt of Fire Indonesia. CMIIW

    • syawal mengatakan:

      bung arul cincin api itu adalah daerah sirkum pasifik yang terdapat pejajaran gunung api yang menyerupai bentuk cincin sedangkan Indonesia hanya menjadi bagiannya saja jadi seolah olah bahasan utamanya adalah Indonesia ini seperti banyak gunung api padahal didaerah kalimantan dan irian jarang dijumpai vulkanik aktif……

  4. Arief Munandar mengatakan:

    bang ada yang punya menejemen perjalanannya ga

  5. Arief Munandar mengatakan:

    klo ada kirim lewat fb ya bang, emailnya munandararif93@yahoo.com. thank

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: