(Hanya sebuah Cerpen) Panasbumi, Energi Hijau atau Sama Saja dengan energi lainnya??

Alhamdulillah baru pulang dari pertemuan ilmiah Asosiasi Panasbumi Indonesia yang ke 11 di Lampung tanggal 12 dan 13 Desember 2011. Banyak ilmu ilmu yang didapatkan disini mulai dari eksplorasi sampai pengembangan lebih lanjut lapangan Panasbumi. Energi yang relatif baru ini memang menarik banyak pemerhati bisnis, pemerintah, ilmuwan dan tak terkecuali pengamat lingkungan. Saya sempat berbicara tentang perwakilan WWF yang hadir disini. dia sangat tertarik tentang energi yang dianggap energi Hijau ini. Energi yang mampu menjadi salah satu sumber yang baik untuk energi listrik ini seperti memberi secercah kehidupan baru masyarakat lampung  dan Indonesia umumnya untuk mendapatkan listrik yang lebih baik. Energi uap yang dihasilkan dari panasbumi ini mampu mengubah listrik menjadi ratusan Mega Watt.

Yuk kita tengok beberapa hal seberapa besar potensi energi Hijau ini?

Peta Panasbumi Indonesia

Peta Panasbumi Indonesia

Dengan pasokan yang diperkirakan bisa menghasilkan listrik sebesar 27.000 megawatt (mw). Geothermal atau panas bumi seharusnya bisa menjadi salah satu sumber energi terbesar di Indonesia. Kesalahpahaman dan kurangnya investasi menjadi faktor masih terpendamnya sumber daya tersebut. Indonesia memiliki setidaknya 500 gunung berapi dan 130 diantaranya masih aktif. Seharusnya Indonesia dapat menjalankan ekonominya melalui energy panas bumi dari gunung berapi tersebut, tidak hanya berbicara tentang potensinya saja.sampai sekarang. Dari hal itu, terungkap betapa panas bumi di Indonesia bisa mengalahkan potensi minyak bumi yang menjadi teramat mahal saat ini. namun, membuka dan memanfaatkan potensi ini terbukti masih menjadi masalah sulit hingga saat ini, lantaran tingginya teknologi yang harus dipakai.

Sistem Panasbumi

Sistem cycle panasbumi yang mengandalkan energi panas dan potensi airtanah secra tidak langsung mempunyai dampak pada cycle alami sistem alam yang telah lama berkembang. Fluida didalam air meteorik yang banyak mengandung kimia klorida dan sulfat kadang mempunyai jumlah dibatas kewajaran untuk konsumsi sehingga perlu filter yang baik untuk benar benar energi ini menjadi energi Hijau. Karena ketika energi panasbumi di ubah menjadi steam (uap), maka kimia kimia tersebut ikut terubah dan dilepaskan karena merupakan kandungan kimia yang tidak diperlukan dalam proses lanjut pengubahan energi ini menjadi Listrik dan sejumlah energi lainnya. nah dibawah ini bagaimana cara energi ini diubah menjadi Listrik

1. Flash Steam Power Plant
Tipe ini merupakan yang paling umum digunakan dalam pembangkit listrik yang menggunakan geothermal. Uap yang telah dipisahkan dari air disalurkan ke pipa menuju rumah pembangkit. Kemudian uap yang sudah terkumpul tersebut digunakan untuk menggerakkan turbin uap. Uap yang meninggalkan turbin dikondensasikan, sehingga menciptakan kehampaan sementara yang dapat memaksimalkan pembangkit listrik yang digerakkan oleh turbin-generator. Umumnya uap panas tersebut dikondensasikan dengan cara direct contact condenser, atau heat exchanger type condenser. Dalam direct contact condenser, air yang sudah didinginkan disemprotkan sehingga bercampur dengan uap panas. Uap yang sudah terkondensasi tersebut menjadi bagian dari sirkuit air yang sudah didinginkan tersebut, sementara sebagian lagi menguap dan bergabung dengan atmosfer melalui cooling tower. Hasil keluaran dari air yang sudah didinginkan ini dinamakan blow down sering dibuang ke dalam sumur injeksi yang dangkal.
2. Binary Cycle Power Plants
Dalam reservoirs, di mana temperatur umumnya kurang dari 220 derajat Celsius (430 Farenheit) binary cycle plants umumnya digunakan. Cairan yang berasal dari reservoir, baik berupa air, uap, maupun campuran keduanya, disalurkan melalui heat exchanger. Cairan dalam binary plant kemudian didaur ulang ke dalam heat exchanger. Cairan yang sudah dingin tersebut kemudian diinjeksikan lagi ke dalam reservoir. Umumnya efisiensi binary cycle type plants mencapai 7 sampai 12 persen tergantung dari temperatur primer cairan yang ingin dikondensasikan. Binary Cycle plant secara tipikal bervariasi antara 500 KW hingga 10 MW.
3. Combined Cycle (Flash and Binary) Combined Cycle Power Plants
Pembangkit semacam ini merupakan kombinasi dari teknologi turbin uap yang konvensional dengan teknologi binary cycle. Dengan memadukan kedua teknologi ini, efisiensi penggunaan peralatan bisa dilakukan karena pada dasarnya turbin uap konvensional jauh lebih efisien dalam membangkitkan listrik dari uap yang bertemperatur tinggi. Sementara itu teknologi binary cycle berguna untuk memisahkan air dari uap yang bertemperatur sangat rendah. Sebagai tambahan, untuk menggantikan condenser-cooling tower, sistem pendingin yang digunakan dalam teknologi gabungan ini bisa menghasilkan panas yang bisa digunakan lagi untuk memproduksi listrik.

Lalu apakah energi ini benar benar Hijau??

berikut ada sebuah informasi yang saya kutip dari ESDM dimana dalam penelitian Mahasiswa Fakultas Sains & Teknik Universtitas Jenderal Soedirman Dhama Peni Lasari, dalam situs ESDM, Jakarta, Minggu (27/6/2010) disampaikan bahwa; limbah yang dihasilkan dari kilang minyak berupa limbah cair dan limbah padat. Produksi kilang minyak bumi sebanyak seribu barel per hari akan menghasilkan limbah padat (lumpur minyak) lebih dari 2,6 barel. Sedangkan di Indonesia, produksi kilang menghasilkan minyak bumi sekitar 1,2 juta barel per hari yang berarti menghasilkan limbah padat sebanyak 3.120 barel per hari dan dalam waktu satu tahun menghasilkan limbah sebanyak 1.3 juta barel, yang 285 ribu barel diantaranya adalah limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) yang mengandung n-alkana, parafin, hidrokarbon polinuklear aromatik, aromatik dan beberapa jenis logam berat seperti arsen (As), cadmium (Cd), krom (Cr), raksa (Hg), nikel (Ni), timbal (Pb), tembaga (Cu), dan seng (Zn). itu dalam hal limbah minyak bumi? lalu bagaimana dengan panasbumi, yang uapnya langsung di lepaskan ke udara, dan dimana uapnya juga mengandung Sulfat dan Klorida, namun sampai saat ini saya belum tahu persis bagaimana pihak lingkungan mengkaji secara ilmiah tentang limbah panasbumi ini untuk pengaruhnya terhadap lingkungan.

8 Balasan ke (Hanya sebuah Cerpen) Panasbumi, Energi Hijau atau Sama Saja dengan energi lainnya??

  1. Andy Online mengatakan:

    nambah lagi pengetahuan saya disini, tengkyu dan tengbaja mas bro, artikelnya mantap😀
    salam kenal, salam bloofers..

    *lanjutin lagi baca-bacanya..

  2. uchank mengatakan:

    Info yang menarik tentang energi. Kirain cerpen yang punya konflik. ternyata pengetahuan alam ey🙂

  3. Andro Bhaskara mengatakan:

    Informasi yang menarik sobat.. yah.. masih banyak sumber2 energi di negara kita yang belum tereksplorasi, Mengenai dampak lingkungan yang memang harus menjadi perhatian utama, saya berfikirnya seperti ini, kira2 akibatnya lebih buruk dari radiasi nuklir gak..?? kalo tidak, kenapa Nuklir yang lebih di utamakan saat ini..?? Nuklir untuk mempersiapkan sumber daya memang perlu, tapi untuk komersialisasi, kita masih memiliki banyak alternatif.. Salam Kenal Sobat..🙂

    • syawal mengatakan:

      secara tidak langsung dampak lingkungan yang diakibatkan tidak banyak mengandung unsur radioaktif dan relatif lebih aman daripada Energi fosil (coal,oil, red)

  4. meutia mansur mengatakan:

    mari menjaga bumi kita..nice post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: