Ada Beberapa Cara untuk Mengurangi Subsidi Harga BBM

Oleh: Prof. Widjajono Partowidagdo

Di Sadur dari milis IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia)
Tahun 2011 subsidi harga BBM untuk transportasi dan LPG adalah Rp. 165 Triliyun dan subsidi untuk listrik (yang sebagian besar diakibatkan oleh BBM) Rp. 90 Trilyun, sehingga totalnya Rp. 255 Trilyun, padahal pendapatan pemerintah dari migas Rp 272 trilyun. Lebih baik subsidi harga BBM tersebut digunakan untuk membuat orang2 miskin menjadi lebih sejahtera, perdesaan dan daerah lebih maju, infrastuktur lebih baik dan kemampuan nasional meningkat sehingga kita bisa lebih mandiri (produksi migas dan tambang, pertanian, pesawat, mobil, kapal, kereta api, senjata Nasional meningkat) dan Indonesia lebih cepat menjadi Negara Maju yang Terpandang..

Jangan membandingkan Indonesia dengan Nigeria. Cadangan minyak terbukti Nigeria 36 milyar barel dan Indonesia 3,7 milyar barel, produksi minyak Nigeria 2,6 juta barel per hari sedang Indonesia 0,9 juta barel per hari, penduduk Nigeria 136 juta dan Indonesia 241 juta sehingga konsumsi minyak Nigeria diperkirakan 0,65 juta barel per hari dan Indonesia 1,3 juta barel per hari. Jadi, kalau penduduk Nigeria protes harga BBM dinaikkan maka wajar saja karena Nigeria kaya minyak. Hanya negara yang kaya minyak seperti Saudi dan Venezuela BBM nya murah sekali. Produksi minyak Indonesia 2011 adalah 902 ribu B/D, ekspornya 361 ribu B/D dan Impor minyak 272 ribu B/D dan BBM 499 ribu B/D. Mengimpor (Minyak dan BBM) 771 ribu barel per hari menunjukkan bahwa kita tidak kaya minyak, padahal minyak adalah energi yang paling mahal. Orang yang tidak kaya tetapi memakai barang mahal pasti hidupnya susah.

Negara2 Amerika Latin yang anti Neolib seperti Brasil, Argentina dan Chili BBM nya tidak disubsidi, akibatnya BBN (Bahan Bakar Nabati) dan Industri Nasional (mobil, pesawat, senjata dan pertanian) nya berkembang. Bahkan Brasil sekarang menjadi Negara Idola disamping Rusia, India, Cina dan Korea (BRICK) . Brasil bahkan sudah menguasai Teknologi Migas Lepas Pantai disamping Cadangan dan produksi minyaknya meningkat pesat. Petrobras adalah Perusahaan Migas terpandang di Dunia. Di India maupun Cina dan bahkan Vietnam tidak ada subsidi BBM tetapi transportasi umum disubsidi sehingga nyaman dan Industri Nasionalnya meningkat pesat.

Ada beberapa Cara untuk mengurangi Subsidi Harga BBM:
:
Naikkan harga premium untuk mobil pribadi tiap tahun, sebagai contoh 1 April Tahun 2012 menjadi Rp 6.000 per liter, 2013 menjadi Rp 7.000 per liter dan 2014 menjadi Harga Pasar (sekirtar Rp 8.000 per liter).

Naikkan harga premium untuk mobil pribadi secara otomatis 5% tiap bulan. Akibatnya dalam 18 bulan harga menjadi Rp 8100/ liter. Hal ini pernah diberlakukan di Inggris untuk penyesuaian harga listrik. Naikkan harga premium 1 April 2012 menjadi harga pasar (sekarang Rp 8200/liter) untuk Jakarta dulu lalu disusul daerah2 lainnya sampai akhir 2014.
Harga Premium terdiri dari Biaya Premium + Alpha + Pajak. Saat ini biaya premium ( USD 110/ barel) atau Rp 6.500/ liter dan margin Rp 700 /liter serta pajak (15%) Rp 1.000/liter maka Harga Premium adalah Rp 8200/ liter. Apabila 1 April 2012 ini Alpha (Biaya distribusi + Margin) dan Pajak ditanggung Pemerintah maka Harga Premium adalah Rp 6500/liter. 1 April 2013 bisa hanya Pajak yang ditanggung Pemerintah sehingga Harga Premium Rp 7200/liter dan 1 April 2014 dikenakan Pajak maka Harga Premium Rp 8200/ liter (tergantung harga minyak dan kurs dolar).

Catatan: Untuk semua opsi diatas mulai 1 April 2012 (bahkan sebaiknya mulai hari ini) perbaiki transportasi umum dan kendaraan umum beralih ke BBG. Kendaraan pribadi dapat memakai memakai BBM tidak bersubsidi atau BBG.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: