Meretas Mimpi di Geologi (Part 1)

sudah sebulan lebih tidak ngeblog, di sore ini mau ngeblog lagi tentang perjalanan hidup, sebuah makna kehidupan…….. Perjalanan meretas mimpi……. si cerpenist geologist……

Saya dilahirkan di sebuah kota di Sumatera, Ya Palembang sebuah kota besar yang lambat laun menjadi sebuah kota besar di kawasan Sumatera bersama dengan Medan. Sebuah kota yang terkenal dengan kapal selam dan jembata Amperanya.
Saya dilahirkan kembar, kembaran saya namanya juga mirip dengan saya dan saat ini menempuh kuliah di sarjana sastra Rusia. Universitas Padjajaran.
Mungkin banyak orang menganggap bahwa saya berasal dari keluarga yang kaya atau apalah itu karena saya dapat kuliah, lalu saya katakan tidak, semuanya tidak benar. Bahkan keinginan kuliah pun saya pendam dalam dalam karena satu hal saya pikir bagaimana bisa orang tua saya membiayai kedua anaknya yang kembar ini, jadilah saya dan kembaran saya berjuang wujudkan itu.
Di masa SMP dan SMA merupakan masa masa dimana tidak akan pernah saya lupakan, seorang siswa yang dulu di cap pendiam ketika SMP berubah menjadi sosok orang yang cerewet dan pernah berurusan dengan intel gara gara dikira menjadi provokator demonstrasi ketika SMA. Di masa SMA pun seorang guru saya tertegun bangga kepada saya karena satu hal ketika dia makan di sebuah kaki lima di Sebuah Taman Magelang, yang melayaninya adalah sosok Siswa yang selalu ia hadapi ketika pelajaran Matematika, ya saya pernah berdagang menjadi seorang pedagang kaki lima selama saya menempuh pendidikan SMA, karena satu hal saya tak ingin menjadi sebuah beban pikiran untuk orang tua saya.
” Keesokan harinya guru itu menanyakan sesuatu ?”, benar kah itu kamu syawal? yang melayani saya di emperan kaki lima, saya jawab ya Bu”. Guru itu lalu bilang hebat kamu Syawal, saya gak nyangka siswa bandel seperti kamu penuh cerita. Saya pun hanya tersenyum,,,,, terima kasih bu….
Saya memang tidak pintar pintar amat, saya juga bukan juara kelas, tapi semangat dan mimpi membawa saya untuk bermimpi bisa Kuliah dan menjadi seorang Sarjana.
Di penghujung masa masa SMA sebuah tawaran untuk mencoba PMDK di UNDIP di tawarkan kepada saya, dan saya rasa mimpi itu sudah didepan mata. Jadilah cita cita saya menjadi seorang ahli pertambangan di waktu SMA kembali hidup. Tetapi permasalahan nya adalah BIAYA, ya Biaya bgaimana mungkin saya mampu menyelesaikan sarjana saya, dengan kondisi kehidupan keluarga yang terbilang broken home. Saya cuman punya semangat dan doa titipan orang tua yang selalu percaya bahwa anak anaknya sudah “terbiasa menghadapi sebuah tantangan hidup”. dan akhirnya saya menempuh pendidikan di Teknik Geologi, jadilah murid yang dulu bandel itu mengenyam pendidikan di Kuliah tentunya dengan kondisi jauh dari kesederhanaan. di awal awal kuliah terpintas untuk tidak melanjutkan karena biaya kuliah yang terbilang sangat mahal. Tapi smangat yang buat saya tetap hidup dan melanjutkan kuliah. Alhamdulillah, tahun ketahun saya lewati, di tanggal 3 Desember 2010 jadi sebuah sejarah dan akhirnya rsmi saya bergelar menjadi Rizqi Syawal ST. saya tidak sedikitpun terlalu haru dengan selesainya sidang. tapi air mata berlinang ketika sebuah pesan masuk di Handphone saya….

“Ananda ku……..”
“22 Tahun lalu bunda melahirkan sepasang anak kembar”
“Ibu berharap engkau bisa menjadi sarjana”
“hari ini ibu menangis terharu”
“putranya telah menjadi sarjana”
“kini engkau akan menghadapi tantangan sebenarnya”
“Doa Bunda akan Selalu Bersamamu”

Ya pecahlah kebekuan air mataku, rasa rinduku bercampur aduk dengan kerinduan kerinduan hidup bersama bunda, kakakku, yang jarang aku nikmati semenjak 10 tahun terakhir…..”

Nothing is Impossible but Nothing is Easy (Napoleon Bonaparte)
terima kasih akan kata katamu yang akan terus teringat untuk membuat sebuah jejak jejak kehidupan, kawan…… Semangatlah……Hidupkan mimpimu…….

Mungkin itu dahulu curhatan si cerpenist sudh maghrib Saatnya menghadapi sang khalik…….

Ditulis ditengah perjuangan hidup

Cerpenist Geologist

Tinggalkan Balasan

