Ekspedisi Khatulistiwa, Tak Sekedar Ekspedisi

Dr. Andang Bachtiar sedang memberikan Penjelasan pada  Peserta Expedisi Khatulistiwa

Dr. Andang Bachtiar sedang memberikan Penjelasan pada Peserta Expedisi Khatulistiwa

Pagi yang indah menemani hari ini, Selasa 27 Maret 2012. Sedikit bercerita tentang catatan harian yang saya tulis ketika mengunjungi camp latihan Kopasus bersama orang tua yang saya anggap sebagai mentor saya, Dr. Andang Bachtiar. Di telinga beberapa orang mungkin tak asing lagi dengan namanya seorang geologist merdeka yang sempat heboh dengan lumpur lapindo dan Gunung Padangnya.
Jumat 23 Maret 2012, ketika semua orang asyik beristirahat menikmati long weekend panjang saya, suwondo, dan beliau menuju lembang melihat para pasukan elite tersebut siap di bakar dengan semangat ala mentor saya.
Ekspedisi khatulistiwa adalah ekspedisi bukan sembarang ekspedisi, ekspedisi ini memetakana sejumlah potensi kekayaan negeri ini yang tersimpan rapi dan bersembunyi dibalik kemewahan Kalimantan, Ya Kalimantan, Pulau sejuta energi bagi saya.
Siapa yang tak kenal Delta Mahakam yang merupakan salah satu percontohan delta delta yang sering di baca  oleg para geolog dunia, siapa juga yang tak kenal intan dari martapura Kalimantan, yang banyak di cari cari namun tidak pernah di ketemukan dimana sumbernya, dan saat ini para petualang ekspedisi yang terisi oleh sbagian besar tim Kopassus, Kopaskhas, marinir, Kostrad, Geologist, mahasiswa, Pecinta Alam, Wartawan, dan mereka para pemberani itu menjejakan kaki kaki mereka di Kalimantan memapingkan potensi energi yang geolog bahkan orang dayak sekalipun tidak beraani menjejakan kai mereka di daerah tersebut.
Dr. Andang Bachtiar telah berhasil membangkitkan semangat semangaat kemerdekaan pada setiap peserta ekspedisi mengemban tugas mulia memetakan potensi yang kita punya, dan bersiap menjadi catatan sejarah meskipun namanya tak sedikit pun di tulis.
Andai saya tak terikat kontrak, saya pun ingin bersua dengan hutan Kalimantan, yang pernah saya jejaki, saya hampiri dengan eksotik hutan yang penuh dengan berbagai teka teki.
Selamat berjuang para peserta Expedisi Khatulistiwa, Selamat bergerak, Jejakan Langkahmu di Borneo, dan Pulanglah dengan kepala tegak dengan membawa banyak cerita tentang Kalimantan.

Tinggalkan Balasan

