Tentang Geologi (Postingan ke 100)

Akhirnya tulisan/postingan sudah menuju angka 100, suka duka menulis mulai nyari bahan , sampai mod-modan menulis dihadapi. Dan di edisi special yang ke 100 serta mengucapkan terim kasih atas kunjungan yang telah mencapai angka 60 Ribu menurut wordpress, saya mau posting tentang Jurusan Geologi di Indonesia dan Ngapain aja Kuliahnya

Kita runut dengan apa itu Geologi

Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kebumian, jadi bukan cumin batu yang kita pelajari, walaupun banyak yang bakal bilang dengan kita ketika kuliah nanti bahwa kita kurang kerjaan , tak lebih tak kurang kita selalu ngelihatin batu. Cabang ilmu Geologi sangat banyak sekali, mulai dari geoteknik (Menangani hal hal rekayasa teknik), hidrogeologi (Belajar tentang air), Mineralogi (Mempelajari tentang mineral), Geologi Migas (Belajar sangkut paut tentang oil & Gas), sedimentologi (memahami tentang sedimen), Vulkanologi (Kegunungapian), dan masih banyak lagi

Cara Masuk Geologi ?

Cara masuknya banyak cara, mulai dari spmb, undangan tes masuk, PMDK, dan beberapa universitas juga ngadain Ujian Masuk. Geologi merupakan bagian IPA, beda dengan Geografi yang IPS. Tapi jangan takut kala anak anak IPS mau ngambilnya, jurusan ini bukan jurusan mematikan ataupun jurusan unggulan tapi prospektif buat masa depan, soal itu kalian akan tahu sendiri nantinya. Soal mata kuliah hmmm….. Kalian hanya akan menemui banyak kesulitan di semester semester awal saja, karena kalian akan beradaptasi dengan hal hal aneh.


Dimana ada Niat di Situ Ada Jalan

Kuliah nya Ngapain Aja.

Kuliah di geologi itu menyenangkan karena hamper setiap semester kalian akan Field Trip, atau kuliah lapangan, bahkan di semester tertentu kalian pada akhir pekannya akan ke lapangan untuk kelapangan karena laboratorium Lapangan Geologi adalah Laborat Terluas (Itu menurut saya), jadi yang pas SMA sudah hobi travelling, Hiking, naik Gunung, dsb, bersiaplah, jurusan ini pas dengan hobi mu. Kalau soal

Banyak Hal Yang Kita Pelajari di Geologi

Banyak Hal Yang Kita Pelajari di Geologi

mata kuliahnya pasti sangkut paut dengan kebumian mulai dari ngelihat batuan di mikroskop, intepretasi seismic, sampe merasakan dengan indahnya tugas akhir atau bahasa palembvangnya skripsi, semua Tak akan terlupakan.


FIELDTRIP KARANG SAMBUNG

Prospek Masa Depan    
Prospek geologi kedepannya kita dapat berkerja ke segala bidang yang berhubungan dengan alam misalnya pertambangan, lingkungan, migas, panasbumi, emas, batubara, ESDM, dan juga non alam seperti Bank, Pemda, Konsultan, dan lain lainnya yang membutuhkan jasa kita nantinya. Dengan kebutuhan kerja yang membutuhkan geologi saya rasa jurusan ini akan cukup banyak di butuhkan kedepannya, apalagi pembngunan negeri ini dalam hal energy yang masih tertinggal. Bahkan jangan heran kalau nanti setelah 10 tahun berkerja dunia internasional akan melirik paa geologist Indonesia seperti timur tengah, Filipina, China, Amerika, Australia, Eropa, dan lainnya.

Universitas Mana aja yang ada Geologinya
Saat ini yang saya tahu untuk negerinya ada Universitas Diponegoro, ITB, UNPAD, UGM, UNHAS, dan UNSUD, nah kalau swasta ada ITM, ISTP (Medan), ITATS (Surabaya), Tri Sakti (Jakarta), UPN, STT Nas, AKPRIND (Yogyakarta), UNIPA, ISTJ (Jayapura),AGP (Khusus D3, Bandung), Universitas Pakuan (Bogor), nah kebetulan saya alumni dari Teknik Geologi Universitas Diponegoro, jadi boleh Tanya ke saya kalau menyngkut tentang UNDIP….. Insya Allah kalau ada pertanyaan akan saya balas……

Nah ini Kampus Teknik Geologi Universitas Diponegoro

139 Balasan ke Tentang Geologi (Postingan ke 100)

  1. alfin mengatakan:

    kak saya sekarang udh naik kelas 3 SMA rencana saya mau ambil teknik geologi di unhas, kira2 soal2 ujian tes masuk itu susah apa enggak? Kira2 contohnya kayak gimana? Makasih

  2. syawal mengatakan:

    Belajarlah soal SPMB IPA, he he he kalau berprestasi cobalah melalui PMDK bisa tanyakan kok ke Guru Bimbingan Konseling di Sekolah

  3. andr mengatakan:

    kak kalo dari ips bisa ga tuh?
    saya minat bgt sama pertmbangan tp masuk ips ,trus tesnya semua berhubungan sama ipa semuanya ya? thnks

  4. Zulfikar reynaldi mengatakan:

    ka saya anak ips , tpi pengen masuk teknik geologi ? mohon sarannya ya

    • syawal mengatakan:

      Menurut saya geologi bukanlah cakupan hanya untuk scientis saja tapi mencakup juga ke pengetahuan sosial. Ikutilah program seleksi Universitas Negeri yang ada di geologinya, bila gagal bisa mnencoba melalui beberapa perguruan tinggi swasta, sudah banyak kok yang ada jurusan Geologinya

  5. Edo Fernando mengatakan:

    kak aku mau masuk undip atau unhas bidang geologi , tapi masih bingung masuk nya lewat jalur mana yang mudah ,kakak kmaren lwat jalur mana ? dan boleh tau uang masuk nya berapa kak ?

    • syawal mengatakan:

      Setahuku penerimaan di UNDIP ada beberapa
      1) Jalur Undangan (PSSB)
      2) Jalur UM (Ujian Masuk) UNDIP bisa di searching di http://www.undip.ac.id
      3) Jalur UNMPTN /SNMPTN
      Kalau uang masuk lebih murah lewat jalur undangan sih😀, dulu saya lewat jalur Undangan atau PSSB

      • Mimin Novita mengatakan:

        Maaf, saya mau tanya.. Kalu di undip masuk lewat snmptn itu nilai yang di butuhkan dari semester berapa sampai berapa ? Makasih

        • syawal mengatakan:

          kalau snmptn biasanya itu adalah test kalau mau melihat nilai raport setahu saya nilai raport SMA dari kelas X semester 1 sampai kelas XII semseter 1 . . . .

  6. munif ariyadi mengatakan:

    kak maaf kalo misalnya saya anak ips apakah nanti saya akan mengambil ujian ptn nya ipc? Atau kah hanya ips saja?

  7. Tama mengatakan:

    kak saya lulusan SMK bisa gk masuk geologi.??
    klo bsa kasi saran ya kak.

    • syawalS8 mengatakan:

      Tentu bisa kenapa tidak, bayak rekan2 saya berasal dari SMK , tetapi umumnya jurusan geologi di universitas negeri tentunya mewajibkan untuk ikut seleksi terlebih dahulu seperti spmb, tetapi kalau di universitas non negeri relatif lebih mudah . . . .

  8. Imam mengatakan:

    Kak, sy kls 3 SMA. cita2nya ingin krja di bidang oil&gas.. tetapi masih ragu dlm memilih jurusan ke Perguruan Tinggi antara T.Geologi & T.Geofisika, brhubung kdua bidang ini dbutuhkan pd prushaan migas.. Sbnarnya apakah yg mmbedakan antra kedua teknik ini? & mana yg lebih mengarah ke bidang migas? mohon pnjlasannya kak.. Thx.🙂

    • syawal mengatakan:

      Imam,

      Geologi lebih kearah ke ilmuannya sedang geofisika menurut saya lebih ke arah fisikanya. Secara kebutuhan di dunia oil and gas dua-duanya saling melengkapi, jikalau orang geofisika lebih kie arah processing data maka orang geologist yang mengintepretasi data.
      Di beberapa universitas Geofisika masih di jadikan minat di Jurusan Fisika dan tetapi juga ada yang berdiri sendiri sebagai jurusan Geofisika dan Teknik Geofisika

  9. Imam mengatakan:

    Terimakasih jwbnnya. mnurut kkak, diantara ke 2 jurusan itu yg mana yg lbih rumit kerjanya? & mana yg paling dibutuhkan?

    • syawal mengatakan:

      tergantung kebutuhan perusahaan, tentu karena saya berasal dari geologist di dalam nurani saya, akan menyarankan kamu untuk memilih geologist😀

  10. Ifatul Khasanah mengatakan:

    assalamuaalaykum kakak,
    saya perempuan dan (sangaat) ingin masuk jurusan teknik geologi dan bercita-cita jadi geolog muslimah (amiin),
    menurut kakak bagaimana kehidupan perempuan di geologi?
    terimakasih🙂

    • syawal mengatakan:

      Sangat beragam dan sangat menantang, banyak kok geolog muslimah menjadi geolog handal contohnya saja Bu Rohima yang saat ini menjadi staff pengajar di STT Migas Balikpapan, Selain itu ada bu Sri Mulyaningsih seorang geolog Vulkanik yang merupakan pakar vulkanik dan menjadi dosen pengajar di STT Nas, sudah tak terhitung, selain itu banyak pula geolog wanita yang saat ini tentunya menguasai berbadai keilmuan geologi😀

  11. Ifatul Khasanah mengatakan:

    terimakasih kak😀

  12. arumvio mengatakan:

    aku pengen masuk tek geo mas, kalo untuk masuknya sulit di UGM ato di UNDIP?😮

  13. muhammadagungprakoso mengatakan:

    saya pengen kuliah di UNDIP , kira anak ips potensinya besar apa gak bisa masuk di geologi ? dan kalo ingin tes masuk ke fak.geologi di umdip apa aja yang disoal atau yg harus kita plajari ?

  14. muhammadagungprakoso mengatakan:

    Reblogged this on AGUNG prakoso's BLOG and commented:
    Tentang Geologi
    Kita runut dengan apa itu Geologi

    Geologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kebumian, jadi bukan cumin batu yang kita pelajari, walaupun banyak yang bakal bilang dengan kita ketika kuliah nanti bahwa kita kurang kerjaan , tak lebih tak kurang kita selalu ngelihatin batu. Cabang ilmu Geologi sangat banyak sekali, mulai dari geoteknik (Menangani hal hal rekayasa teknik), hidrogeologi (Belajar tentang air), Mineralogi (Mempelajari tentang mineral), Geologi Migas (Belajar sangkut paut tentang oil & Gas), sedimentologi (memahami tentang sedimen), Vulkanologi (Kegunungapian), dan masih banyak lagi

    Cara Masuk Geologi ?

    Cara masuknya banyak cara, mulai dari spmb, undangan tes masuk, PMDK, dan beberapa universitas juga ngadain Ujian Masuk. Geologi merupakan bagian IPA, beda dengan Geografi yang IPS. Tapi jangan takut kala anak anak IPS mau ngambilnya, jurusan ini bukan jurusan mematikan ataupun jurusan unggulan tapi prospektif buat masa depan, soal itu kalian akan tahu sendiri nantinya. Soal mata kuliah hmmm….. Kalian hanya akan menemui banyak kesulitan di semester semester awal saja, karena kalian akan beradaptasi dengan hal hal aneh.

    Dimana ada Niat di Situ Ada Jalan

    Kuliah nya Ngapain Aja.

    Kuliah di geologi itu menyenangkan karena hamper setiap semester kalian akan Field Trip, atau kuliah lapangan, bahkan di semester tertentu kalian pada akhir pekannya akan ke lapangan untuk kelapangan karena laboratorium Lapangan Geologi adalah Laborat Terluas (Itu menurut saya), jadi yang pas SMA sudah hobi travelling, Hiking, naik Gunung, dsb, bersiaplah, jurusan ini pas dengan hobi mu. Kalau soal
    Banyak Hal Yang Kita Pelajari di Geologi

    Banyak Hal Yang Kita Pelajari di Geologi

    mata kuliahnya pasti sangkut paut dengan kebumian mulai dari ngelihat batuan di mikroskop, intepretasi seismic, sampe merasakan dengan indahnya tugas akhir atau bahasa palembvangnya skripsi, semua Tak akan terlupakan.

    FIELDTRIP KARANG SAMBUNG

    Prospek Masa Depan
    Prospek geologi kedepannya kita dapat berkerja ke segala bidang yang berhubungan dengan alam misalnya pertambangan, lingkungan, migas, panasbumi, emas, batubara, ESDM, dan juga non alam seperti Bank, Pemda, Konsultan, dan lain lainnya yang membutuhkan jasa kita nantinya. Dengan kebutuhan kerja yang membutuhkan geologi saya rasa jurusan ini akan cukup banyak di butuhkan kedepannya, apalagi pembngunan negeri ini dalam hal energy yang masih tertinggal. Bahkan jangan heran kalau nanti setelah 10 tahun berkerja dunia internasional akan melirik paa geologist Indonesia seperti timur tengah, Filipina, China, Amerika, Australia, Eropa, dan lainnya.

    Universitas Mana aja yang ada Geologinya
    Saat ini yang saya tahu untuk negerinya ada Universitas Diponegoro, ITB, UNPAD, UGM, UNHAS, dan UNSUD, nah kalau swasta ada ITM, ISTP (Medan), ITATS (Surabaya), Tri Sakti (Jakarta), UPN, STT Nas, AKPRIND (Yogyakarta), UNIPA, ISTJ (Jayapura),AGP (Khusus D3, Bandung), Universitas Pakuan (Bogor),

  15. syawal mengatakan:

    oke saya jawab disini ya . . . .
    Pertama kali yang paling penting adalah Niat untuk masuk di Teknik Geologi
    dan berikutnya adalah mengatur strategi dan kemampuan caranya adalah mencompare antar Jurusan Universitas dengan melihat passing grade nya….
    Jangan takut IPS juga punya potensi tapi sekedar pemberitahuan bahwa Teknik Geologi di dalam tes SPMB Maksud di bagian minat IPA

  16. Neni Andriani mengatakan:

    Kak saya sangat minat untuk masuk undip tepatnya fakultas teknik geologinya. nah saya ingin tanya mengenai passing gradenya itu gmana ?

    Tolong infonya .. makasih🙂

  17. kak, mau nnya nih klo buat siswa undangan rata-rata nilainya yg diambil taun kemaren berapaan ya kak?? makasih🙂

  18. hendra mengatakan:

    kak, untuk geologi undip, apakah diperbolehkan untuk penyandang buta warna parsial (sebagian)? jujur, saya sangat menyukai geologi. bahkan, saya sendiri bingung memilih pilihan yang lain selain geologi. geologi sudah menjadi passion saya sejak dulu. impian saya salahsatunya adalah bisa meneliti dan memahami gejala2 geologi.

    yah siapa yang menyangka, ternyata saya buta warna parsial. beberapa universitas ada yang menerima buta warna parsial, ada pula yang tidak. saya berusaha mencari informasi tentang geologi undip, apakah diperbolehkan atau tidak, melalui situsnya. tetapi saya tidak menemukannya. mohon bantunya kak…

    • syawal mengatakan:

      Dear Hendra, Saya tak tahu maksud seperti apa buta warna parsial tersebut, sejauh bisa di obati pasti bisa, bukankah buta warna parsial itu sebagian, kalau menilik dahulu ketika saya masuk melalui proses PMDK UNDIP ada tes melalui hal tersebut tetapi melalui SPMB ternyata tidak (CMIIW) tetapi jikalau kampus negeri relatif tidak bisa jangan patah semangat banyak perguruan tinggi swasta yg mempunyai jurusan geologi yang bisa menampung, Jangan mudah menyerah berlarih dan wujudkan passion mu “nothing is impossible but nothing is easy”

  19. hendra mengatakan:

    oh iya spmb kagak? (woww!) okelah kalau begitu. mereka bilang buta warna parsial itu tidak dapat di sembuhkan, karena ini kelainan genetik (keturunan, dari sono-nya). walaupun mirisnya, di indonesia saja yang masih menggunakan aturan pelarangan bagi orang yang memiliki kelainan genetik tertentu, sedangkan di luar negeri (misal amerika), bila ada aturan tersebut di suatu instansi, bisa di tuntut karena diskirminasi. yah, beethoven yang tuli aja masih bisa berkreasi menciptakan lagu-lagu terbaiknya. hehehe… trimakasih kak..

  20. FAIZ mengatakan:

    Pak Syawal yg sya hormati. Blog Anda bermanfaat Bagi saya.
    Saya anak IPS yg sekarang sedang kelas 3 , padahal T. Geologi itu milik anak IPA.
    nah yg saya ingin tanyakan :
    1. apa anak IPS yg ingin dftar ke T. Geologi lewat SNMPTN 2013 ( yg sekarang disebut dengan JALUR UNDANGAN ) bisa mendaftar?????? kalau bisa apa nilai raport anak IPS yg bisa digunakan utk Jalur tersebut sementara kan T. geologi miliknya IPA?
    2. Kalau ingin masuk ke T. Geologi anak ips apa harus lewat IPC?
    3. ketika ikut SBMPTN (tertulis) soal-soal test nya itu apakah ikut soal IPA??????
    jawaban anda sangat saya harapkan.
    terimakasih

  21. hendra mengatakan:

    maaf, saya mencoba membantu menjawab soal mas faiz. tapi, di cek kembali dan di ralat bila ada kesalahan.

    ——————————————————————————

    boleh tidaknya dari ips masuk ke jurusan dominan ipa itu tergantung jurusan di ptn-nya sendiri. apakah boleh lintas jurusan (ipa ke ips atau sebaliknya) atau tidak. silahkan cari informasinya ke masing2 ptn atau masing-masing prodi.

    info :
    kebanyakan lintas jurusan dari ipa ke ips di perbolehkan (walau tidak semua), tapi akan sangat sulit untuk lintas jurusan sebaliknya. (kelemahan sistem pendidikan di negeri ini!)

    dan masih belum ada info tentang sistem SBMPTN (siapa tau aja ada IPC nya!) kalo ada IPC nya mungkin bisa.

    untuk soal, ya kalo ada IPC di sbmptn, pasti ente bakal nemu 2 kali ujian,. ujian untuk ipa dan ujian untuk ips nya.

    ujian ipa ya berarti untuk jurusan ipa (termsuk t.geologi).
    ujian ips ya berarti untuk jurusan ips.

    sekali lagi, mekanisme ujian tulis untuk SBMPTN masih belum jelas karena mungkin sbmptn tidak diadakan oleh pemerintah, melainkan diadakan oleh hampir semua ptn (walau tidak semua), dan semua ptn mau fokus dulu ke SNMPTN. jadi kasarnya sih ‘dilupakan’ dulu! hehehe..

  22. angga mengatakan:

    kak saya sangat tertarik masuk geologi tapi saya pengguna kaca mata minus..
    Apakah langkah saya ini akan terhambat dengan kondisi mata saya ini.
    Mohon balasan🙂 terima kasih..

    • syawal mengatakan:

      Dear Angga,
      Apakah karena kacamataMinus, Langkahmu terhenti menjadi geologist???, jawabanya adalah tidak……..
      Geologist tidak ada kamus untuk orang berkacamata jadi silahkan saja, coba dan jadilah geologist (manas-manasi.com), sekarang tulis kata Geologist di dompetmu atau di Kamarmu, dan belajarlah, Insya allah Di mana ada niat di situ ada jalan, kalau kata novel negeri 5 menara “man jadda wa Jadda”

  23. M.Anugrah Akbar mengatakan:

    kk saya nak dari ips apa bsa masuk jurusan geologi??/ mohonn saran.a^_^…

  24. ade mengatakan:

    kak, saya dari jurusan ipa dan saya ingin mencoba untuk mengambil jurusan teknik geologi di UNPAD. tapi saya sangat lemah di pelajaran matematika,, mohon saranya kak
    saya agak takut kalo nanti ini menjadi kendala buat saya😦

  25. Benny mengatakan:

    Kak, kakak kan lulus dari jalur undangan
    Bisa tolong posting rata-rata nilai rapot kakak waktu sma mulai semester 1 sampai 5 kak?

    • syawal mengatakan:

      Ade dan Benny , Ketakuta hanya akan menjadi penghalang setiap mimpi jadi jangan takut masalah itu…
      Khusus Benny sebenarnya kalau soal rangking alangkah bagusnya kalau 3 besar selalu di semester 1-5 tetapi lihat track record sekolah dan juga persaingan karena tahun dahulu Geologi bukan jurusan fenomena seperti sekarang

  26. ryan aristo mengatakan:

    kak syawal, kakak kan diterima di undip lewat jalur undangan, tolong kasih tau nilai raport sma kakak dari semester 1 sampe 5 dong kak, biar bisa liat rata rata yg dipilih di jalur undangan itu kaak, mohon jawabannya kak…

    • syawal mengatakan:

      Soal Nilai raport saya berapa? mungkin standardnya saat ini berbeda dan di tambah lagi banyaknya orang orang yang telah tahu tentang jurusan geologi, dahulu ketika SMA saya selalu ranking 3 dari kelas satu sampai kelas 3 dan nilai raport saya waktu berkisar rata rata 8 sampai 8,5 dari nilai 0-10.
      Tapi kalau bisa rangking satu kenapa tidak , , , , ,

  27. yopiudo mengatakan:

    kak saya anak IPA, jujur saya lemah banget kalo soal mtk, fisika dan kimia. saya lebih condong ke biologi.. kira2 di T.geologi basis mata kuliah nya lebih ke “menghafal” atau “ngitung”? dan mata kuliahnya lebih dominan di pelajaran apa kak? Trimakasih🙂

  28. Zulkifli Rakhman mengatakan:

    bang, prospek kerja jurusan geo undip bagus apa engga?
    insyaallah taun depan mau nyusul masuk geology engineering nih, amiin

    • syawal mengatakan:

      Amiin saya doakan deh semoga masuk ya…
      Back to Prospect…
      Itu tergantung bagaimana kita melalui prosesnya . . . . Dan kembali pada kita sendiri, sejauh saya ynag lihat saat ini Geologi bukanlah jurusan Unggulan tapi Jurusan yang prospektif

  29. Bayu Bakhtiar mengatakan:

    Untuk Biaya Per Sememester Mahal gak.
    Trus Ada Beasiswa Gak di Undip ma Ugm.
    .
    Maklum saya anak petani.

    • syawal mengatakan:

      mas Bayu Bakhtiar

      Setahu saya ada biaya keringanan atau penundaan biaya, teman teman BEM UNDIP biasanya akan hiruk pikuk kesana kemari saat pendaftaran berlangsung untuk mencari mahasiswa yang kurang mampu, untuk di bantu menyampaikan keringanan biaya.
      Apakah karena anak petani, kemudian dilarang kuliah, jawabannya tidak ada, kemauanmu akan menentukan jalanmu

  30. nana mengatakan:

    kak itu didominasi sama cowok kah?apa ada ceweknya?

  31. herahera mengatakan:

    kak,mau tanya prospek ke depannya di geologi gimanaa? dan apakah indonesia di 5 tahun yag akan datang bisa menggunakan jasa lulusan geologi?minta sarannya

  32. Latifah diara mengatakan:

    Geologi itu khusus untuk laki laki apa perempuan juga boleh

  33. Hafiz mengatakan:

    Kak saya mau tanya.
    Kalau saya kan anak IPS dan saya masuk di jalur undangan,apa bisa saya memanfaatkan jalur undangan itu untuk masuk ke mata kuliah geologi tanpa tes…?
    Saran dan jawaban saya tunggu…!

    • syawal mengatakan:

      setahu saya jalur undangan menyesuaikan prodinya, kebetulan geologi termasuk dalam Ilmu pengetahuan alam (IPA) dimana sebagaian besar jurusan geologi saat ini termasuk di dalam fakultas teknik sehingga tidak memungkin memakai jalur undanagan IPS untuk mengambil geologi….

  34. sepasep (@asepesa5) mengatakan:

    mas saya mau tanya, kalo teknik geologi UNPAK bagus ga yah ? saya lihat akreditasinya B tapi kok kurang terkenal yah

  35. faizal mengatakan:

    kak klo contoh soal ujian masuk di geologi undip kyak gmna..?

  36. sekar mengatakan:

    Kak aku kepengen masuk geologi undip , mahasiswa cewe sekelasnya ada brp kak ? Trs berat nggak tuh kerjaan geolog bagi cewe? Cewe bakalan dianggap nggak kak pas di dunia kerjanya? Makasih

    • syawal mengatakan:

      gak masalah kok baik itu cewek atau cowok, toh sekarang pun sudah banyak profesor dan doctor geologi di Indonesia yang wanita sebut saja Bu Prof. Emmy, Bu Premonowati, prof. Dwikorita, Bu Sri mulyaningsih dan lainnya . . . . dan soal kerjaan teman seangkatan saya yang cewek sudah pada kerja semua mulai jadi Dosen, pegawai di sebuah perusahaan Oil and gas, tambang dan lainnya

  37. ali akbar mengatakan:

    kalau anak jurusan ips bisa masuk fakultas geologi ?

  38. jojo mengatakan:

    ka biaya masuk ke undip dulu berapa? semesterannya berapa?

  39. ulfah mengatakan:

    kak ada gak cewek yang kuliah di geologi?

  40. khoirul ramadhan mengatakan:

    ka saya mau nanya,apakah teknik geologi banyak di cari perusahaan?

  41. Grace mengatakan:

    Kak, aku kan pernah ikut olimpiade kebumian, terus jadi pingin masuk geologi, tapi apa bisa ya dapet jalur undangan tapi dari ips? Prospek kedepannya gimana kak? Kalo toh gabisa di indo, apa di luar negeri nerima jurusan ips ya?

  42. Kak kalo Dari smk listrik apa bisa masuk jurusan geologi ?
    hehe
    soalnya saya ingin bangeut masuk jurusan itu

  43. desty rupalestari mengatakan:

    susah gak si kak kalo masu masuk teknik geologi undip nya, aku si mau nya geologi undip karna menurut kakak aku dsana itu langsung brhubungan dngan pt pertamina nya. trus kak kata nya di teknik itu jarang ada cewek ya? hm jadi pesimis bisa masuk atau nggak

    • syawal mengatakan:

      saya jawab ya Mba Desty,

      Untuk urusan dengan pertamina setahu saya hampir semua Universitas tidak ada perjanjian khusus dan menjamin lulus menjadi karyawan pertamina.

      Untuk cewek saya rasa sudah banyak kok kemarin kebetulan saya habis mengisi di PMB ada lebih dari 20 orang cewek….

      Jadi mengapa tidak,

      Belajar dari sekarang supaya tembus spmb……

  44. Semangat berbagi mengatakan:

    Postingan bagus, memperkenalkan geologi, ilmu tentang bumi yang “sayangnya” tidak membumi,.hehe
    kunjungi balik blog saya ya mas, kalo bisa sih tinggalin jejak (maklum newbie di blog)hehe

    http://kerensaja.blogspot.com/

    Salam Geologi …

  45. Guntur Prabowo mengatakan:

    postingan bermanfaat, kak saya sekarang siswa kelas 3. mao nannya nih. kalo jurusan Teknik geologi undip itu banyak peminatnya nggak kak? soalnya setelah gue telusuri jurusan ini lewat internet katanya belon banyak orang yang tau tentang jurusan ini? Apa aja yang perlu di persiapin kalo mao masuk fakultas ini kak? trus susah nggak kak untuk masuk fakultas ini?Dan yang terakhir minta saran dan doanya kak biar di tahun 2014 bisa di terima..
    Amin,,

    • syawal mengatakan:

      doa saya selalu brurrr, yang penting nawaitunya jelas dan mulailah buka buku, Geologi terbuka bagi mereka yang mau bergerak menjadi geologist

  46. chazcik.nez@gmail.com mengatakan:

    kak kalau mau lewat jalur undangan kira kira rata rata rapotnya berp ya kak bls ya kak soalnya aku juga mau masuk geologi

  47. andre mengatakan:

    mw nanya ni, kok geologi banyak cabang ilmu nya ??

  48. afif mengatakan:

    mas, saya suka kegiatan alam tp ga suka itung itungan , ada ga ya jurusan yg bnyk ke lapangan tp ga ngitung?

  49. prabu mengatakan:

    butuh info kak…sy msk salah satu kampus jur. geologi…apa bener yah diwajibkan punya GPS dan palu geologi, karena barang tersebut cukup mahal diatas 1 – 2 juta lebih…apakah penggunaannya selalu dipakai? makasih

  50. Ferryrio Vanbriand mengatakan:

    kak sekarang saya kelas XII nih, niatnya sih mau ngelanjut ke teknik geologi ( ITB, UNPAS, UNDIP ) kira-kira susah ngga masuknya ya ? terus kalo ada info tentang pendaftaran mahasiswa baru teknik geologi undip bisa tolong kasih tau ngga kak ? nih nomer hp saya 085659800136. makasih

  51. surya mengatakan:

    kak saya mw tanya biaya semester dan sks fakultas geologi di undip brp

  52. surya mengatakan:

    kak saya mw tanya biaya semester dan sks fakultas geologi di undip brp…

    • syawal mengatakan:

      untuk saat ini saya tak tahu untuk harga semesterannya , cuman mungkin berkisar antara 1,5 juta sampai 2 juta dan sudahtermasuk SKS

  53. Andini mengatakan:

    Kak saya mau nanya,
    apa persyaratan untuk jalur undangan Undip khususnya teknik geologinya, harus termasuk 5 besar terbaik dari sekolah ?
    Mohon penjelasannya kak, trims

    • syawal mengatakan:

      untuk saat ini saya tidak tahu bagaimana persyaratan jalur undangan,tetapi saran saya berprestasilah di 3 besar kalau bisa di peringkat satu terus dengan nilai yang tentunya memuaskan. karena toh saya memang ketika lulusan berada di 5 terbaik di Sekolah ketika kelulusan nilai rapot.

  54. faishal mengatakan:

    Kalau dari anak ipa setidaknya pelajaran apa saja yang akan menunjang nantinya?
    Mata kuliah yg dominan nya tentang apa ka apakah fisika , bio atau kimia ?

    • Syawal mengatakan:

      semuanya ada, saya dulu juga dari IPA dan menggemari Kimia dan ternyata semua berhubungan antara Biologi-Kimia-dan Fisika semuanya disatukan dengan keilmuan sosial seperti sejarah dan geografis, dan ujung ujungnya adalah menilai kelayakan secara ekonomis dan matematis, jadi sebenarnya menurut saya Geologi itu ilmu lengkap . . . . .

  55. andri mengatakan:

    Ka saya sekarang kelas3, mau banget ngelanjutin di tek geologi, kira-kira undip itu susah gak sih ditembusnya di snmptn, terus tau gak universitas mana yang agak mudah ditembusnya di snmptn?
    Makasih ka, doain saya jadi geologist undip yaa

  56. Ayugeotiara mengatakan:

    ka,kalo lewat jalur undgn rata”nilai rapot brp ka? terus waktu itu rata”nilai rapot kaka buat masuk tek.geology brp ka? ^_^ makasih

  57. rs mengatakan:

    Kak, klo matematika sm fisika nya itu gimna klo di TG undip?

  58. tri mengatakan:

    Apa sulit kak, untuk cewek masuk geologi undip?

  59. kak, saya mau masuk undangan geologi undip, nilai saya 80> apa bisa ? kaliau rata rata nilai geologi undip untuk undangan berapa ya kak ?

    • Syawal mengatakan:

      Soal itu susah untuk di jawab, tapi tak salah kan untuk mencoba biasanya perhitungan juga di dasarkan dari akreditasi sekolah, dan lokasi sekolah . . . . . .

  60. saya dari lamongan kak, akreditas sekolah saya A. kalau rata-rata nilai undangan tahun lalu kisaran berapa ya ? maaf kalau terlalu banyak tanya, karena menentukan pilihan juga. terima kasih🙂

  61. wah, skrng kerja dimana mas ? ada kenalan yang masih mahasiswa nggak mas ? mungkin saya bisa minta nomor hp nya, pengen ngobrol2 soal teknik geologi undip. karena saya niat masuk geologi. terima kasih.

  62. christian madona mengatakan:

    bng mw nanya ni, Kalo Geology itu sampe semester berapa yang pelajaran umum?? (Fisika,Kimia,Matematika,Biology,B.Eng) Trimss

  63. ikke purnama sari mengatakan:

    ka apa aja sih pelajaran di geologi??
    trus pelajarannya pusing ga??

    • syawal mengatakan:

      alhamdulillah gak pusing kok pelajarannya ya begitu “back to Nature” , soal mudah atau sulit kembali ke kita masing masing

  64. ignatio mengatakan:

    saya dari medan , saya mengambil UNDIP kak jalur undangan tahun ini…. yang saya ingin tanya bagaimana biaya hidup selama tingggal di semarang ? truss apakah di UNDIP ada ikatan Alumni utk tek.geologi nya ? permintaan kerja utk sarjana ini banyak ga ?

    • syawal mengatakan:

      Salam mas Ignatio, dari pengalaman rekan2 saya yg berasal dari medan kehidupan di Kota Semarang masih terbilang murah dan standard, dan utk perkerjaan di bidang Geologi, saya rasa itu akan bergantung bagaimana kita meniat dan belajar di kampus, dan sampai saat ini geologi masih jadi jurusan yg dapat di andalkan

      • ignatio mengatakan:

        Terimah kadi sebelumnya …..^^…..

        Kalau boleh tau geologi Undip ma Unpad bagusan mana mas….?
        Trus lulusan din T.geologi undip apakah menjalin ikatan dengan PT tertentu ?
        Mas sekarang da terun kerja dimana mas ?
        Kataya sih lulusan Geologi Undip gajiya gede…..

  65. yovan mengatakan:

    mas saya sekarang udah lulus SMA IPA, saya ikut SBMPTN ngambil jurusan TEKNIK GEOLOGI di UNDIP dan UNPAD, tapi kalau saya ga tembus saya bingung mau kuliah dimana lagi dan dipaksa harus kuliah dijakarta, mau nanya selain TRISAKTI dimana lagi mas UNIV SWASTA yang ada TEKNIK GEOLOGInya.
    mohon bantuanya

    • syawal mengatakan:

      Disekitar jakarta selain Trisakti ada Universitas Pakuan yang juga Swasta . . tetapi di Palembang ada Jurusan Teknik Geologi Baru yang mungkin tesnya di luar jalur spmb

  66. deni mengatakan:

    selamat soreee, mau tanya, apakah geologi undip jika dibandingkan dengan geologi ugm akan kalah? karena secara akreditasi geologi ugm A, sedangkan geologi undip B. mohon pencerahannya dari mas, yang seorang mahasiswa geologi undip, trmakasih:)

    • syawal mengatakan:

      secara sejarah Geologi UGM merupakan salah satu jurusan tertua di Indonesia. tetapi kalau unggulan saya akui memang UGM lebih Unggul secara akademisi dengan UNDIP, tetapi semuanya akan kembali ke kita, di mana kita harus memulainya . . . .

  67. deni mengatakan:

    sebelumnya, saya bantu jawab ya buat yang diatas nanya” soal jalur undangan atau SNMPTN. Gini nih, jalur yang satu ini bisa juga disebut ‘undian berhadiah’, artinya gak ada yang tau nilai” nya harus berapa dan gmna cara biar lolos jalur undangan. karena jalur ini meliputi banyak sekali faktor, mulai dari akreditasi SMA kalian, indeks SMA kalian, nilai rapot kalian, grafik nilai rapot kalian, prestasi kejuaran dan macem; deh pokok nya, gak ada yang tau nih soal jalur ini. Temenku ada dari kelas 10 msti masuk 4 besar, dan nilai UN nomer 3 di sekolah, tapi wktu SNMPTN dia gak lolos KU UGM, yang ranking 7 malah masuk soalnya punya sertifikat internasional..well, thats jackpot

  68. Meilani mengatakan:

    Kalau anak SMK Jurusan tata boga bisakah melalui jalur undangan kak ??? *please reply..🙂

  69. calfin mengatakan:

    Halo kak. Maaf mengganggu. Sy mau tanya informasi nih. Sy mau ngambil geologi. Pilihan terakhirnya cuma ist medan, dengan akredotasi c. Apa di dunia kerja akreditas sangat berpengaruh? Apa title tamatan universitas mana juga sangat di pandang? Apa tamatan swasta yang tidak begitu terkenal akan di pandang sbelah mata?sbelumnya sy ucapkan terima kasih banyak.

  70. Syawal mengatakan:

    setahu saya , di ITM ada dosen terbang yang namanya hampir semua geolog indonesia tahu, Dr. Andang Bachtiar.

    Dan alumninya juga sudah banyak kok kerja malang melintang di Dunia Migas, Tambang, Pemerintah, dan lainnya.

    • calfin mengatakan:

      Sy ud daftar di istp medan kak. Itm uda lewat usm nya. Mengesampingkan skill yg dimiliki individual, apa saat penerimaan tenaga kerja akreditas dan nama universitas di pertimbangkan saat interview kerja kak?
      Sbelumnya makasih banyak ya kak. Mohon bimbingan nya

  71. itats mengatakan:

    Can I just say what a comfort to discover someone that truly knows what they’re
    talking about over the internet. You certainly understand how to bring an issue to light and
    make it important. More people must read this and understand this side of the story.
    I was surprised that you aren’t more popular given that you surely have the gift.

  72. rheza mengatakan:

    kak maaf mau tanya, jadi sy masih bingung dari jurusan ips kepengen masuk ke geofisika. kalau saya ikut snmptn bisa nggk lewat nilai . terus ipc itu untuk snmptn stelah lulus atau tes sbmptn itu ipc ? mohon kak dijelaskan ya masih bingung hehe makasiihh

  73. rheza mengatakan:

    kak maaf saya mau nanya, jadi saya dari ips mau masuk ke geofisika, kalau masuk lewat snmptn nilai rapor itu gmn ? kalau yg tes ipc itu dari snmptn setelah lulus atau dari, sbmptn itu tes ipc nya . mohon sy di kasih info ya kak makasihh

    • syawal mengatakan:

      setahu saya untuk tes SBMPTN ada 3 jalur yaitu IPA, IPS, dan IPC nah jikalau kamu berminat untuk masuk geofisika meskipun IPS ambillah IPC tetapi tentunya kamu harus belajar ekstra karena harus belajar ilmu IPA juga.

  74. nadya ika mengatakan:

    Kak.. Aku kan udah kelas 3 semester 1 nihh.. Nah kak saya itu punya sertifikat olimpiade kebumian.. Kira kira itu bisa jadi bahan pertimbangan ngga yaa?

    • syawal mengatakan:

      bisa jadi pertimbangan tetapi melalui jalur bdik misi tentunya, setahu saya untuk hal tersebut konsultasikan dengan guru BK di sekolah

  75. Titin Nefia Lestari mengatakan:

    Kak, saya baru kls 1sma nih, skrg dijurusan ipa, rencnanya mau pindah ke ips. nah kalo dri ips bisa dan mudah ngga kak msuk geologi ? minta penjelasannya dan pndpatnya y kak, mklum masih bingung dan krang jelas hehe…

    • syawal mengatakan:

      Titin Geologi saat ini merupakan ke ilmuan yang masuk kategori sains maka tes masuknya juga akan melewati Tes masuk pelajaran IPA seperti Matematika, Fisika, Biologi, dan Kimia maka jikalau bisa mengimbangi pelajaran tersebut tidak apa apa jikalau ingin memilih IPS

  76. Sakilla mentari mengatakan:

    kak, jadi geost itu menyenangkan tidak?teruskan nanti yang dipelajari kayak kristal dan mineral, petrologi, vulkanologi dsb, itu susah ndak?

  77. Assalamualaikum kak, sy kelas 3 SMA nih sekarang. Saya tertarik untuk masuk t. geologi. saya cari2 ternyata di undip ada. Passing grade t geologi di undip berapa ya kak? trus mapel yg lebih condong di t. geologi apa kak? biar bisa reka2 untuk masuk jalur snmptnnya nih. Oia kak, kebetulan pas kls 1 dan 2 sy ikut osn bidang kebumian. Hubungannya sejauh mana kak sama ilmu di t. geologi. soalnya saya bingung mau lebih mantap ke t. geologi atau geografi murninya. soalnya sy suka bngt sama geografi fisik. dijawab yaaa kak🙂

    • syawal mengatakan:

      OSN itu setahu saya pas pernah jadi pembimbing juga mempelajari Geologi, tetapi scara tidak langsung geologi dan geografi berbeda . . . .

  78. Rizki Muhamad Ramdan mengatakan:

    kalo jurusan teknik komputer dan jaringan ada harapan gak ka masuk FTG ?

  79. rendi mengatakan:

    kak boleh minta no. kontak nya
    biar nanti bisa tanya” jauh tentang geologi

  80. Denny mengatakan:

    Kalau nanti tes masuk tehnik geologi undip susah ap gk ya.?.dan pelajaran ap yang paling susah di tehnik geologi.mohon di jwb ya kak

  81. Jihan khairunisa mengatakan:

    Kak saya baru mau naik kelas 3 sma ,dan masih bingung tentang nilai rata raya yg harus capai agar bisa masuk ptn UNDIP jurusan teknik geologi dengan pmdk/snmptn

  82. Andi mengatakan:

    Saya kemarin daftar geologi tapi tidak lulus, saya mau bertanya apakah boleh kita menjadi seorang geolog walau pun tidak masuk di jurusan geologi?

  83. Mafocha mengatakan:

    Saya mau nanya, saya ingin sekali mengambil snmptn di unpad dengan jurusan teknik geologi. Tapi dari kakak kelas saya itu tidak ada yang di unpad. Dan katanya kalau di ptn yg kita pilih tidak ada kakak kelasnya kita, kita itu masuk nya bakal susah dan bahkan jarang yang ketrima. Terus, apakah anda ada solusi buat saya ?? Dan apa pernyataan yang saya tanyakan tadi benar adanya ??

  84. andi mengatakan:

    bang, minta sarannya dong. nih saya baru lulus smp, menurut abang saya kalo SMA milih jurusan apa dan kalo di SMK milih jurusan apa….? mohon sarannya bang

  85. andi mengatakan:

    bang, minta sarannya dong. nih saya baru lulus smp dan saya minat di geologi pertambangan, menurut abang saya kalo SMA milih jurusan apa dan kalo di SMK milih jurusan apa….? mohon sarannya bang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: