Antara Galau dan Poster, Berbuah Manis di Annual Meeting IPA Ke 36

Rasa syukur, selalu mengucap keindahan yang telah diberikan selalu terucap dari jasmani dan rohani. Perjalanan yang penuh perjuangan, melawan kapitalis pendidikan dan kapitalis Globa terus terasa, meskipun banyak yang bilang tidak tapi kenyataannya seperti itu…..
Berawal dari diskusi kopi hangat via telepon dan email, semuanya berbuah cerita manis yang menjadi catatan awal dari sebuah perjuangan hidup. “Pati basin” topic hangat diobrolan tersebut, mimpi mimpi menulis dan semangat mengobari pemuda-pemudi ini menulis dari sbuah hal yaitu “Pati Basin”. Aveliansyah, Dini Andriani, dan saya sendiri, kita ngobrol ringkas tentang membuat Pati Basin ini muncul ke atas permukaan (layaknya memunculkan kapal yang tenggelam didasar laut). Setelah diskusi panjang meskipun galaunya lebih panjang lagi…… Pati Basin, jadi sudah menjadi sebuah paper dari mimpi mimpi hangat dari ketiga pemuda.
nah sebelum kita mulai cerita cerita itu gue mau kenalin dulu temen temen nulis gue kemarin
Dini Andriani    
Perempuan tangguh, geologist , dituakan oleh kita (tebak sendiri kalau ini), mudah galau (sangaat), cantik (kalau cakep Benciss), kenal pertama kali ketika dia nyuciin abju baju anak geologi lainnya (uuppss Becanda), Dia teman ngampus gue seangkatan meskipun memang kenyataannya gue terlihat lebih muda 3 tahun. Gue akui dia cerdas, bahasa inggrisnya jago (bangetsss), dan supel (suka ngepel), sebagai teman penulis gue akui dia sebagai data management recommended punya ini karena data data paper dan pelengkap kebutuhan kita dipercayakan padanya secara dia pegawai Patra Nusa data, Perusahaan di Indonesia sebagai bank datanya data data migas Indonesia.

Aveliansyah
Galauers, Geologist, Pemimpi, Cerdas, Lincah, dan sedimentologist, saat ini berseragam PHE (Pertamina Hule energy) ONWJ, teman seorganisasi semenjak ngampus di UNDIP, punya motivasi tinggi, dan punya banyak alas an untuk bisa berkawan positif dengan dia. Di tim ini dipercaya sebagai penggalau, dimana tiap minggu ketemuan isinya galau dan galau tapi tetap scientist nya tak bisa di elakkan dan disejajarkan dengan kemampuan galaunya yang 50:50, Seismik interpreter handal dan tentunya analisis yang tajam terhadap proses geologi menjadi hal asyik untuk menjadi bagian dari tim ini. Selin geologist kerjaan sampingnya adlah blogger, dan aktivis penggerak hidupnya FGMI yaitu forum Geosaintis Muda Indonesia

First day , 23 May 2012 (Indonesia Petroleum Association annual Meeting)
Di Hari pertama, kami lebih disibukkan dengan persiapan berbagai hal mulai dari nge permak diri agar tak terlihat wajah wajah mahasiswa, wajah wajah gembel, dan wajah wajah lesu akibat pulang larut malam setelah memasang Poster dan berjuang hingga titik darah penghabisan di hari sebelumnya. Dan jreng jreng, wajah kami tetap di kira sebagai mahasiswa, itu berarti umur kami dan wajah kami relative (ingat Relatif) tampak muda, tampak seperti mahasiswa awal semester.

Kita lupakan dulu hingar bingar tentang wajah kami yang awet muda, dan beranjak menuju cerita cerita di IPA 36 Th yang saya lalui, mulai menyaksikan presentasi si Robert Hall, dengan intepretasi seismiknya di Sulawesi sana, semuanya mantaaap. Dari siang sampai malam, semua berlalu, ada yang sekedar lewat dan kagum (pastinya) tapi sayang di sudut jauh poster yang lain, di sisi yang sama, kami berharap harap cemas ada yang datang bertanya dan jreng jreng ada yang tertarik lihat apa yang kami tampilkan, ya kita menampilkan bahasan yang sangat jarang yaitu Pati Basin, semua daerah yang tidak terlalu banyak diminati dengan referensi yang sangat minim, satu dua, dan banyak yang kemudian datang melihat apa yang kami tampilkan. Exploration, satu hal yang ingin kami jual saat ini di tengah keterbatasan cekungan cekungan yang ada, kita membuka wacana agar kita lebih melek bahwa Minyak kita saat ini terbatas padahal Cekungan Cekungan Hidrokarbon yang kaya belum terakses menunggu kita untuk siap di eksplorasi.

Second Day 24 May 2012 (Indonesia Petroleum Association annual Meeting)

Di Depan Poster Geological Review to Identify Petroleum System in Pati Basin

Di Depan Poster Geological Review to Identify Petroleum System in Pati Basin


Di hari kedua ini tak lebih dengan hari pertama, semua masih tampak sama, masih banyak kekurangan yang harus kami benahi di hari pertama, mulai dari persiapan materi dan segala hal yang bakal kami keluarkan di tengah keterbatasan data, masih terlihat mata kami yang juga lelah karena malam di hari pertama, kami kelelahan bukan karena pulang larut malam setia menunggu poster karena di hari pertama kemarin Mobil sahabatku Akinya soak dan harus perlu dilakukan Napas Buatan dari sumber listrik lainnya, dan jreng jreng di tengah kemacetan Gatot Subroto, ya jadilah kita mendorong mobil kawan kami tersebut, dan beruntung di Jakarta ini masih banyak orang yang baik yang saling membantu, dan tak memanfaatkan keadaan yang parah ini menjadi lebih parah.
Menunggu waktu macet sambil melihat kecemasan supir kami (Becanda), Dini harap harap cemas apalagi dia harus puylang ke bekasi, dengan melihat kondisi mobil seperti itu kami luangkan waktu kami menunggu sampai Jakarta sepi tapi itu seperti mencari logam 50 an di dasar bak mandi yang keruh, sejam , dua jam macet Jakarta tetap tak bisa teruraikan dan yups kita harus buat kesimpulan PULANG atau TIDAK, setelah dilakukan analisis SWOT (biar kelihatan scientist) kita pulang dengan kondisi keprihatinan.
Balik lagi ke presentasi poster yang kami lakukan, di hari kedua banyak orang mulai tertarik dengan poster kita, sselain di untungkan karena posisi poster kita di bagian depan ruang Murai room di sisi lain poster kami tak pernah sepi dengan keberadaan teman teman almamater, kawan kerja, dan beberapa relasi yang menyambangi kami sekedar kopi darat saja, dan inilah entertainer sebuah poster…… Strategy ini menjadi daya tarik dari poster kami yang membuat orang ramai ramai untuk ngebantai poster sederhana ini.

Third Day 25 May 2012 (Indonesia Petroleum Association annual Meeting)    
Hari ketiga dan hari terakhir konvensi ini berakhir, sejumlah perusahaan besar migas Indonesia mampang di agenda yang diadakan hamper setiap tahun ini dn selalu menjdi minat yang menarik dari pelaku dunia migas mulai dari scientist sampai para social ekonom dan pengusaha yang punya kepentingan juga ikut hadir di acara ini. Di hari terakhir ini di tutup dengan sebuah seminar atau talk show mengenai masalah UU migas yang mengancam pelaku industry migas Nusantara. Pembicaraan tentang memberikan kesempatan kepada perusahaan BUMN Lokal untuk tumbuh keluar disini, ya selama ini pemerintah seakan tak percaya dengan BUMNnya sendiri padahal plat plat merah di Negara lain sangat didukung kemajuannya oleh negaranya sendiri.
waktu terus berlalu dan menunjukan jam 11.30 WIB (waktu Insan Beriman), azan Jumat memanggil, dan sesaat kita tinggalkan aktivitas IPA ini. Untuk menyapa dan memuja keagungan Allah SWT. Nikmat rasanya jika sejenak waktu kita menghargai ada bagian dari campur tangan Allah didalam urusan perjalanan dunia ini. Tinggal beberapa jam lagi, waktu penutupan dimulai, usai sudah pergelaran 3 hari yang penuh karya karya dan misteri misteri besar tentang kekayaan negeri ini yang terlalu bodoh untuk kita lewati.
Waktu menunjukkan 16.30 an di podium sana panitia tengah mengumumkan poto poto kontes terbaik pada edisi kali ini. Di antara pemenangnya ada sekelompok orang tengah bermain dengan kobaran ketika kobaran api, “Fire Drilling”, judul foto tersebut, dimana memperlihatkan ada sebuah resiko besar bagi para buruh untuk mencari migas migas yang terus di kejar para pengusaha dan kartel kartel migas.
Berbagai pengumumuman mulai dari best poster, oral presentation, student dan akhirnya menuju ke pengumuman Best Poster Proffesional presentation, kami dag dig dug, karena flash back waktu setengah jam lalu, panitia member kami selamat tentang keputusan dewan juri bahwa poster kami menang, percaya tidak percaya tapi ini belum pengumuman, masih menunggu waktu dan jawaban apakah itu benar benar ucapan, atau pemberi kami semangat, meskipun kenyataannya nanti tidak, tapi sejauh ini, menjadi presenter di acara IPA adalah mimpi setahun yang lalu untuk menulis dan naik ke atas podium, dan di tengah pikiran liarku sedang melalang buana, suara lirih dari Stephen scott menerangkan bahwa “Geological Review to identify petroleum system in Pati basin” menjadi yang terbaik untuk G & G Proffesional Poster di annual meeting IPA ke 36 kali ini……..
Rasanya masih seperti bermimpi bisa naik di podium tersebut bersalaman dengan dirjen migas Bu Evita Legowo, thanks brurr and sis, Avel dan Dini, ini menjadi hadiah bagi mereka yang percaya akan kekuatan Mimpi

Bersama dengan Pak Rovicky ( Ketua IAGI) di IPA ke 36th , JCC Senayan

Dengan Momento Best Poster Proffesional IPA 36th Annual & Meeting

3 Balasan ke Antara Galau dan Poster, Berbuah Manis di Annual Meeting IPA Ke 36

  1. albabibul mengatakan:

    subhanallah..selamat yo maswal,masvel & mbak dini…bangga banget denger prestasi kalian disana..hehe..viva Magmadipa!

  2. aveliansyah mengatakan:

    wakakakakak… gak galau = gak laki :))
    great job guys!! senang menulis dg kalian😀

  3. dhristhadyumna mengatakan:

    Mas bisakah saya membaca jurnalnya? sedang sangat tertarik dengan kali juwana dan segala tentangnya. kalau boleh bisa di dapat dimana?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: