Hari Ini Produksi Minyak Indonesia “Mungkin” 2 Juta Barel Per Day

Sumur Tua Riwayatmu Kini (http://solopos.com)

Sumur Tua Riwayatmu Kini (http://solopos.com)

benarkah produksi minyak indonesia mencapai 2 juta BOPD saat ini?? pasti sebuah tanda tanya besar, tentang hal tersebut. Padahal Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mencatat produksi minyak di kuartal pertama 2013 ini sudah mencapai 830.900 BOPD (sumber : Republika.co.id), tapi kenyataannya produksi tersebut belum tercapai, padahal negara ini dahulu merupakan negara pengekspor minyak dan gas bumi.

Lalu kenapa produksi kita hanya mencapai 850 ribu BOPD, jawabanya mungkin bisa sebagai berikut;

1. Produksi Sumur Tua

Belanda selain menjajah indonesia melalui kekayaan alam seperti rempah rempah, ternyata juga telah lama melakukan penjelajahan untuk menguras minyak Indonesia, mungkin ada ribuan sumur belanda semenjak NKPM (Perusahaan minyak belanda saat itu) masuk ke wilayah nusantara saat ini.Nasib sumur sumur tua yang terurus ini sekarang terbengkalai bahkan sudah tak jelas lagi keberadaan sumur sumur tersebut. Padahal apabila bisa dilakukan optimasi lahan, mungkin sumur sumur tersebut sudah bisa ikut membantu memberikan sumbangsih yang cukup besar bagi produksi nasional.

2. Melakukan Rekayasa Petroleum (EOR) Di Sejumlah Sumur produksi

Peningkatan produksi di beberapa lapangan margin yang hampir koma bahkan sudah tidak di produksikan lagi akibat water cut yang cukup tinggi, secepatnya harus di kaji dan dilakukan beberapa skenario peningkatan produksi pada reservoir sumur sumur tersebut ukan tak mungkin sumur-sumur tersebut masih bisa di optimalisasikan produksi cadangan sisa yang masih tersimpan di reservoir atau di kisaran source rocknya. Sehingga lapangan margin yang dahulu punya prospek bagus dapat hidup kembali untuk menunjang produksi migas nasional

3. Eksplorasi di Beberapa wilayah yang punya potensi migas Indonesia

Sudah rahasia umum jikalau pemerintah ini ingin menghasilkan sesuatu yang instant, padahal di dalam menemukan cadangan migas butuh waktu bertahun tahun untuk melakukan kajian teknisnya. Selama ini fokus produksi migas hanya beberapa titik saja dan melupakan wilayah lainnya yang secara geologi juga mempunyai potensi migas namun belum di kelola secara optimal oleh pemerintah. Dan pada akhirnya hanya seperti jalan di tempat saja eksplorasi wilayah tersebut.

4. Ekspansi ke Negara Asing atau Cekungan Hidrokarbon di Negara Lain

Negara tetangga kita seperti singapura, Malaysia, dan Thailand yang secara wilayah dan geografi tidak mempunyai banyak cekungan ternyata melakukan ekspansi ke luar negara untuk menambah pundi ekonomi dan cadangan migasnya, selama ini Pertamina sebagai BUMN perminyakan semestinya punya kemampuan menjelajah yang lebih baik tentunya di tambah pengalaman pertamina di bidang migas tentunya sudah lebih banyak dari BUMN migas negara tetangga, mampu melakukan ekspansi ini ke berbagai cekungan di beberapa negara dan cekungan seperti di area teluk Thailand, Australia, Irak, dan sebagainya. Sayangnya pemerintah tidak pernah memberikan dukungan penuh kepada Pertamina.

Masih banyak kendala lainnya tentunya selain kendala Teknis, tetapi juga masalah non Teknis yang sering di jumpai dan sudah jadi rahasia umum begitu kompleksnya permasalahan Migas di Indoneisa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: