Geo-Exploration Itu Asyik

Semoga saja tulisan ini belum kadaluarsa . . .  .
Sehingga belum terlalu basi juga untuk di konsumsi. Lama Tampaknya saya tak menulis blog semenjak hilir mudik jadi petugas administrasi di sebuah perusahaan. Dan semoga ke Administrasian ini segera berakhir.

Tapi sebelum melanjutkan nge Blog, saya mau Ngucapin dulu terima kasih kepada rekan rekan panitia Student Chapter AAPG – Universitas Sriwijaya, yang mau saya repotkan beberapa hari yang lalu. Lalu apa hubungannya tulisan ini dengan Universitas Sriwijaya.

Ya ini bermula saya lahir di Palembang (lo hubungannya sama Unsri???) eitss sabar dulu, Universitas Sriwijaya itu adalah salah satu Universitas yang gue impikan dahulu, jauh sebelum gue berpetualang di Pesisir Utara dan sampailah di Universitas DIponegoro (Lalu apa hubungannya lagi!!) , Oke gue jawaban hubungannya adalah ketidak selarasan antara Palembang – Lampung – Brebes – Magelang – Semarang – Jakarta dan back to Palembang.

Di Depan Student Center UNSRI

Di Depan Student Center UNSRI

One Day Course

Sebenarnya sudah lama banget ingin berkunjung ke rekan rekan universitas sriwijaya dan alhamdulillah tanggal 5 Oktober 2013 kemarin semuanya sedang di permudahkan meskipun suara serak serak basah tapi semangat berbagi tetap ada. Aplaus tetap saya berikan kepada para panitia dan para peserta. Dengan segala keterbatasan mereka mampu hadir di luar batas. Universitas Sriwijaya, kampusnya di bagi menjadi beberapa tempat (itu kalau tak salah) satu di Kota Palembang dan Satu di Inderalaya, kampusnya lumayan besar dan hijau. terus terang saya kagum dengan kampus ini , tetapi sayangnya aktivitas pembelajaran di kampus ini seakan sepi , melompong bahkan berbalik dengan aktivitas di hari biasanya.

Flyer Pengumuman

Flyer Pengumuman One Day Course

Nah gambar di atas adalah flyer saat saya ngisi di sana. Alhamdulillah ada banyak peserta yang hadir tidak hanya geophysicist tetapi juga ada anak tambang dan geologi dari Universitas Sriwijaya. Dan di mulailah hari sabtu itu dengan berbagai macam aktivitas untuk belajar bareng dan mengenalkan secara umum bagaimana Industri Migas tersebut.

Geo-Exploration Itu Asyik

Yup di mulailah sesi exploration itu asyik, satu well dan beberapa seismik melengkapi bagaimana mencari Migas di sebuah Lapangan Explorasi. dan keasyikan itu dimulai dengan motivasi dan semangat para peserta menghidupkan suasana setelah makan siang itu lebih hidup. lempar pertanyaan dan jawaban saling beradu antar peserta. Mengasyikan memang menjadi explorationist jikalau sudah ketemu “Soul” nya, dan negara ini sedang membutuhkan lebih banyak eksplorationist untuk mencari banyak migas.

Di session ini peserta dengan penuh macam ekspressi melakukan intepretasi kenampakan migas di sepanjang kertas log, meliha bagaimana sisi mistik log yang ada untuk di intepretasikan banyak hal di sana melihat sungai sungai lampau mengalir di antara jari jemari endapan delta, semuanya terekam dengan angka melalu grafik, mereka seolah olah berbicara “HEY LIHAT AKU” dan inilah yang terjadi. Migas di dalam sana tengah di utak atik bagaimana caranya mendapatkan banyak potensi migas untuk selanjutnya di manfaatkan oleh kehidupan.

Intepretasi di sebuah lembar kertas Log

Intepretasi di sebuah lembar kertas Log

sore tengah asyik bercanda dengan waktu, dan tak terasa hampir sehari saya berada di Kampus  Inderalaya Universitas Sriwijaya, dan seperti biasa tak ada hal yang paling Narsis kecuali Foto bersama, jadilah kelas berbagi bersama saya mewakili teman teman Forum Geosaintis Muda Indonesia di SC AAPG Universitas Sriwijaya, semoga akan ada kisa kisah menarik lainnya dari dunia profesional untuk rekan rekan di Bumi Sriwijaya.

Foto Bersama Rekan Rekan Universitas Sriwijaya

Foto Bersama Rekan Rekan Peserta One Day Course Universitas Sriwijaya

Dari Abdullah bin Amr radhiyallahu ta’ala ‘anhu, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

بَلِّغُوا عَنِّى وَلَوْ آيَةً

“Sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat” (HR. Bukhari)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: