LNG (Liquid Natural Gas) Apakah Itu?

Pernah dengar tentang desas desus LNG Tangguh yang harga gasnya di jual murah ke China sewaktu era presiden Megawati. Nah kemarin di tanya oleh teman , sehingga daripada lupa ya sudah saya coba tuliskan sedikit apa itu LNG dari sisi perspektif saya.

Peta LNG Indonesia

Peta LNG Indonesia

Apa itu LNG??

Gas alam cair (Liquefied natural gas, LNG) adalah gas alam yang telah diproses untuk menghilangkan ketidakmurnian dan hidrokarbon berat dan kemudian dikondensasi menjadi cairan pada tekan atmosfer dengan mendinginkannya sekitar -160° Celcius. LNG ditransportasi menggunakan kendaraan yang dirancang khusus dan ditaruh dalam tangki yang juga dirancang khusus. LNG memiliki isi sekitar 1/640 dari gas alam pada Suhu dan Tekanan Standar, membuatnya lebih hemat untuk ditransportasi jarak jauh di mana jalur pipa tidak ada. Ketika memindahkan gas alam dengan jalur pipa tidak memungkinkan atau tidak ekonomis, dia dapat ditransportasi oleh kendaraan LNG, di mana kebanyakan jenis tangki adalah membran atau “moss”.

Fakta-Fakta Tentang LNG

LNG menawarkan kepadatan energi yang sebanding dengan bahan bakar petrol dan diesel dan menghasilkan polusi yang lebih sedikit, tetapi biaya produksi yang relatif tinggi dan kebutuhan penyimpanannya yang menggunakan tangki cryogenic yang mahal telah mencegah penggunaannya dalam aplikasi komersial.
Kondisi yang dibutuhkan untuk memadatkan gas alam bergantung dari komposisi dari gas itu sendiri, pasar yang akan menerima serta proses yang digunakan, namun umumnya menggunakan suhu sekitar 120 and -170 derajat celsius (methana murni menjadi cair pada suhu -161.6 C) dengan tekanan antara 101 dan 6000 [kilopascal|kPa]] (14.7 and 870 lbf/in²).Gas alam bertakanan tinggi yang telah didapat kemudian diturunkan tekanannya untuk penyimpanan dan pengiriman.
Kepadatan LNG kira-kira 0,41-0,5 kg/L, tergantung suhu, tekanan, dan komposisi. Sebagai perbandingan, air memiliki kepadatan 1,0 kg/L.
LNG berasal dari gas alam yang merupakan campuran dari beberapa gas yang bereda sehingg tidak memililiki nilai panas yang spesifik.Nilai panasnya bergantung pada sumber gas yang digunakan dan proses yang digunakan untuk mencairkan bentuk gasnya. Nilai panas tertinggi LNG berkisar sekitar 24MJ/L pada suhu -164 derajat Celsius dan nilai terendahnya 21ML/L.

Sifat-Sifat LNG

Berikut adalah beberapa sifat – sifat dari LNG:

  • LNG adalah bahan bakar cair yang bening yang akan mendidih pada suhu -160oC, maka dari itu penyimpanannya harus lebih rendah dari pada suhu didihnya tersebut.
  • LNG lebih ringan daripada air, jika LNG bercampur dengan air maka LNG dengan cepat mengapung dan berada diatas permukaan air.
  • Uap dari LNG lebih berat dari udara, ketika LNG mendidih dan menguap maka uapnya tidak akan terbang keatas melainkan melayang diatas permukaan tanah.
  • Uap dari LNG berwarna putih dan bisa terlihat, berbeda dengan bentuk cairnya yang bening.
  • ketika LNG dicampur dengan air akan terjadi ledakan – ledakan kecil yang tidak menimbulkan api
  • LNG tidak dapat terbakar, hanya dalam bentuk uap LNG dapat terbakar.
  • Ketika material biasa terkena LNG maka material tersebut menjadi rapuh dan pecah. Maka dari itu untuk penyimpanannya membutuhkan material khusus yang tahan dengan suhu ekstrim dingin dari LNG.
  • Uap LNG yang berada di udara hanya bisa terbakar jika konsentrasi uap LNG di udara sebanyak 5% sampai 15%. Jadi jika uap LNG di udara terlalu sedikit atau terlalu banyak maka tidak akan terbakar.

Keterdapatan LNG Di Indonesia 

Saat ini sejumlah pengelolaan energi banyak terdapat di Tangguh Field (Daerah papua) yang saat ini di kerjakan oleh operator Asing yaitu British Petroleum, beberapa wilayah lainnya yang mempunyai potensi ini ada di Lapangan Arun (Aceh), Lapangan Badak (Kalimantan), Lapangan Donggi Senoro (sulawesi) dan beberapa lapangan kecil lainnya di Sumatera Utara dan selatan serta Kalimantan Timur. Saat ini LNG menjadi salah satu energi yang di harapkan bisa mengurangi ketergantungan konsumsi minyak di Indonesia sehingga hasil pengelolaan dari LNG nantinya adalah CNG atau Compressor Natural Gas, di mana gas alamnya telah di ekstrak sedemikian rupa sehingga dapat menjadi bahan bakar yang baik.

Petroleum System 

Lalu bagaimana dengan bentukan potensi LNG (Gas alam) ini di dalam bumi, sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan petroleum system migas, tetapi umumnya pembentukan gas alam ini sedikit berbeda dengan gas yang di hasilkan dari pressure dan temperatur karena umumnya gas ini terbentuk di area sourceny atau belum mengalami migrasi seperti halnya gas konvensional

Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Gas_alam_cair
http://id.wikipedia.org/wiki/Gas_alam_terkompresi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: