Mereka Geologist Juga . . . .

Sekarang mau cerpenkan beberapa tokoh inspiratif yang sebenarnya mereka adalah geologist yang berkarya di bidang Non-Geologi dan GeoPreneurship dan terbilang cukup sukses di bidangnya. Dan kali ini mau menceritkan sedikit profil mereka seperti di bawah ini;

1. Basuki Tjahaja Purnama (Plt. Gubernur DKI Jakarta)

Ir. Basuki Tjahaja Purnama, MM

Ir. Basuki Tjahaja Purnama, MM

Siapa yang tak kenal sosok fenomenal yang sekarang ini menjabat sebagai Plt. Gubernur DKI Jakarta. Ia sosok yang lebih di kenal ahok ini , kiprahnya di dunia politik sudah tak usah di ragukan lagi. Beliau menjabat sebagai Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta, sejak 16 Oktober 2014. Sebelumnya Ahok merupakan anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat periode 2009-2014 dari Partai Golkar namun mengundurkan diri pada 2012 setelah mencalonkan diri sebagai wakil gubernur DKI Jakarta untuk Pemilukada 2012.Beliau pernah pula menjabat sebagai Bupati Belitung Timur periode 2005-2006. Ia merupakan etnis Tionghoa pertama yang menjadi Bupati Kabupaten Belitung Timur, yang populer sebutan masyarakat setempat dengan singkatan Kabupaten Beltim. Pada tahun 2012, ia mencalonkan diri sebagai wakil gubernur DKI berpasangan dengan Joko Widodo, wali kota Solo. Basuki juga merupakan kakak kandung dari Basuri Tjahaja Purnama, Bupati Kabupaten Belitung Timur (Beltim) periode 2010-2015. Dalam pemilihan gubernur Jakarta 2012, mereka memenangkan pemilu dengan presentase 53,82% suara. Pasangan ini dicalonkan oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Pada tanggal 1 Juni 2014, karena Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo telah mengambil cuti panjang untuk menjadi calon presiden dalam Pemilihan umum Presiden Indonesia 2014, Basuki Tjahaja Purnama resmi menjadi Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta. Setelah terpilih pada Pilpres 2014, tanggal 16 Oktober 2014 Joko Widodo resmi mengundurkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta. Secara otomatis, Ahok kini menjadi Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta. Beliau merupakan lulusan di jurusan Teknik Geologi, Fakultas Teknik Universitas Trisakti dan mendapatkan gelar Insinyur pada tahun 1990. Basuki menyelesaikan pendidikan magister pada Tahun 1994 dengan gelar Master Manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya

2. Sujatmiko (Mang Okim , Pakar Batu Mulia ) 

Mang Okim (Denisugandi.com)

Mang Okim (Denisugandi.com)

Di dunia batumulia siapa yang tak kenal Ir. H. Sujatmiko, Dipl. Seorang geolog yang menekuni batu mulia sejak 1989. Lulusan geologi ITB kemudian menekuni usaha batu mulia, melalui bendera CV. Gem Agia sejak 1989, membuka galeri Pusat Promosi Batu Mulia Indonesia di Jalan Pajajaran No 145. Kelahiran Pamekasan Madura, 24 Oktober 1941, mencari aneka macam batu yang berasal dari berbagai tempat di Indonesia, termasuk fosil-fosil kayu yang telah membatu. Sujatmiko sendiri mengaku, menggeluti bisnis ini bermula dari ketidaksengajaan. Namun karena ia lulusan geologi di ITB dan hobi mengumpulkan batu, bisnis ini selalu memancing rasa tahu dirinya untuk menggeluti semakin dalam. “Ketika saya pertama membeli batu tiga truk, saya tak tahu mesti diapain batu-batu tersebut hampir selama setahun. Bahkan saya sempat ditipu, disanalah dinamikanya,” kenang Sujatmiko. Sujatmiko kini memiliki fasilitas workshop dan studio di Jl. Pasir Luhur nomor 20 Bandung, dengan karyawan sebanyak 25 orang yang bekerja di sebuah workshop seluas 4000m2 yang menjadi tempat divisi produksi bekerja, sekaligus tempat penyimpanan bahan baku batu mulia.

3. Joy Astro ( Presenter Senior yang Berjiwa Geologist)

Joy Astro (Presenter Senior)

Joy Astro (Presenter Senior)

Joy Astro memulai karier sebagai presenter berita di pada tahun 2001, beliau memandu sejumlah program berita seperti Nuansa Pagi, Seputar Indonesia, Buletin Malam, Liputan 6 SCTV, Buser, dan Derap Hukum. Di awal 2004, namanya mulai berkibar sebagai presenter. Sepanjang kariernya di dunia newsanchor beliau telah mendapatkan penghargaan: Panasonic Awards, SCTV Awards, dan banyak lainnya yang membuat namanya kian berkibar. Saat ini, selain masih menjadi presenter berita di Liputan 6, beliau juga bertugas di Departemen Current Affair dan dipercaya sebagai produser program Sigi Investigasi yang berhasil menyabet penghargaan sebagai Program Investigasi Terbaik di ajang Panasonic Gobel Awards 2012.

Di balik sisi profesional di bidang Jurnalisme dan presenter, Joy Astro  ternyata berjiwa geologist, dia mengenyam pendidikan geologi di Teknik Geologi Universitas Pembangunan Nasional Yogyakarta. Dan dari informasi yang ada di beberapa sumber menyebutkan Joy Astro pernah keluar masuk perusahaan migas sebelum akhirnya mengikuti passionnya sebagai Wartawan.

4. Teddy Sutadi, Ahli Geologi dan Empu Pisau Kopassus

Si empu Pisau KOPASSUS

Si empu Pisau KOPASSUS

Nama Teddy Sutadi Kardin sudah mendunia terutama bagi di kalangan pecinta atau kolektor pisau khusus. Ia lah produsen pisau yang digunakan Koppasus, bahkan juga oleh US Special Forces yang pernah ikut membantu penggulingan rezim Presiden Irak Saddam Husein.Teddy Sutadi yang merupakan pendiri perusahaan T. Kardin Pisau Indonesia merupakan seorang ahli geologi. Ia lulusan sarjana Teknik Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB). Namun kecintaannya pada alam sudah terpupuk sejak ia kecil. Kondisi alam di tempat tinggalnya di Bandung Utara yang berbukit dan dikepung deretan gunung benar-benar menempa pola hidup Teddy. Kondisi alam itu pun menjadi tempat bermain sekaligus ajang menempa diri. Berkelana di hutan, berburu atau berkemah merupakan kegiatan yang sering dilakukan.

Pergelutan Teddy dengan bisnis pisau bukannya tanpa latar belakang. Aktivitas sebagai pecinta alam membuatnya sering bersingungan dengan pejabat tinggi militer. Terlebih sebagai seorang geolog mulai dari tahun 1976, Teddy sudah menjelajahi nusantara untuk melakukan penelitian geologi terutama ekplorasi minyak bumi dan sudah bekerja untuk perusahaan minyak seperti Pertamina, Elf Aquitane Indonesia, Mobil Oil, Huffco Brantas, Humpuss Patragas, dan beberapa perusahaan minyak lainnya. Hingga pada suatu ketika, pada tahun 1988, Prabowo Subianto yang kemudian mantan Danjen Kopassus, memintanya untuk mengajari para prajurit bernavigasi yang saat itu masih merupakan ilmu yang belum banyak dikuasai prajurit. saat itu Pak Prabowo memesan pisau kepada dia untuk dihadiahkan ke pasukan khusus Amerika. Dan saat ini Pisau buatannya sudah di pakai oleh beberapa pasukan militer seperti Amerika Serikat dan Jordania, serta menjadi incaran pagi penyuka pisau.

5. Anif Punto Utomo, Wartawan Senior Yang Kritis

Anif Punto, wartawan senior yang kritis

Anif Punto, wartawan senior yang kritis

Siapa yang tak kenal Anif Punto di sekitar area karesidenan Kedu atau di wilayah temanggung namanya sempat menghiasi susut kota temanggung sebagai calon bupati Temanggung di tahun 2013. Dia belatar belakang Geologi, pendidikan geologi ia tempuh di Teknik Geologi UGM pasca tamat dari geologi dia banyak berkecimpung sebagai wartawan hingga mundur dari Republika pada Maret 2013, saya mendirikan dan mengelola lembaga kajian ekonomi “Indostrategic Economic Intelligence”. Ketika menjadi wartawan, saya rutin menulis tajuk dan artikel terutama masalah ekonomi dan sosial. Kebiasaan menulis terus saya lanjutkan sampai sekarang. Tulisan yang ada pada blog ini mayoritas sudah dimuat di Republika, sebagian dimuat di media lain. Saya beberapa kali menulis buku, sudah 12 buku yang terbit, baik saya tulis sendiri maupun bersama rekan. Sembilan buku komersial yaitu : – ‘Irak Pasca Invasi’ (2003) – ‘Negara Kuli’ (2004) – ‘Sepak Terjang Orang terkaya Indonesia’ (2006) – ‘Kesederhanaan dan Keberanian Ahmadinejad’ (2007). – ‘Putihkan Internet” (2009) – ‘Para Penggerak Perubahan’ (2011) – ‘Sendratari Ramayana’ (2012) – ‘Sang Penggerak, Biografi Adi Sasono’ (2013) – ‘Indonesia Menuju Kiblat Ekonomi Islam’ (2014) Tiga buku nonkomersial yakni Sekelebat Kenangan BB (2008), Meretas Kenangan Ulang Tahun Emas SMAN Temanggung (2009), dan Republika Melintas Zaman (2010) Saat ini dia masih aktif sebagai pengurus pusat di Ikatan Ahli geologi Indonesia serta aktif  sebagai redaksi berita Geologi

6. Kristupa Wicaksana Saragih (Fotografer Pendiri Fotografer.net)

Kristupa Saragih, Pendiri Fotografer.net

Kristupa Saragih, Pendiri Fotografer.net

Di kalangan pecinta fotografi, situs fotografer.net tentu tak asing bagi mereka, dan tahukah siapa pendirinya, dia adalah seorang geolog lulus Teknik Geologi UGM, Sempat berkerja di Schlumberger (Sebuah Oil Service Dunia) dirinya kini lebih di kenal sebagai fotografer professional, karyanya banyak di cetak di sejumlah media nasional maupun intenrnasional. Selain aktif sebagai fotografer profesional, ia juga menjadi salah seorang pengajar di Sekolah Fotografer Darwis Triadi dan sering menulis di surat kabar Kompas dan situs berita online detik.com.

Referensi :

http://jejakbrowsing.wordpress.com/2011/05/28/teddy-sutadi-ahli-geologi-dan-empu-pisau-kopassus/
http://wikipedia.co.id
http://sugandhi.com

3 Balasan ke Mereka Geologist Juga . . . .

  1. Radenkayanto Kayanto mengatakan:

    Kok Ahok nongol di sini NGAPAIN, Jenuh lihatnya dan bacanya.

  2. qiqylie mengatakan:

    hahaha… bagus juga para lulusan geologi berjaya di luar bidangnya… oiya, untuk yang komentar miring kepada salah satu tokoh diatas, coba baca judulnya ya, baru komentar…. ok….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: