Jangan Takut masuk Geologi

Perbincangan Geologi

Geologist berbicara

kira kira rabu kemarin tanggal 28 Juli 2010, seorang siswa SMA Semesta sebut saja Yusuf (bukan nama Sebenarnya) menanyakan ketertarikannya akan geologi, ya jelas aja tuh anak benar benar tertarik pada duniaku saat ini mengenyam pendidikan karena sedari dini disekolahnya ia sudah dikhususkan untuk memelajari Geoscience. Bangga tentunya disaat banyak orang tak tahu tentang geologi, ternyata pemerintah mulai kini mengenalkan Geologi itu sedari dini dimulai dari Olimpiade Sains Nasional dimana terdapat Olimpiade Kebumian. Dan sedih juga ternyata banyak orang tua yang khawatir jikalau anaknya masuk Geologi, apalagi kalau ngedengar geologi itu belajarnya batu…..

” Batu kok dipelajari aduh…… kayak gak ada kerjaan lain” tentunya ada suara miris seperti itu tapi tenang kita belajar batu tak sembarangan karena dari Batu tersebut kita dapat melihat masa lampau dan masa yang akan datang. Liat aja kenampang schist biru dan ecklogit yang nampak dipermukaan di Karsam, jikalau tak Geologi orang tak tahu darimana asal mula batuan itu terbentuk, dan geologi tentu saja dapat mendongengkan cerita itu secara aik bahwa batuan itu terbentuk disekitar daerah hotspot atau daerahnya jauh didalam bumi dan terangkat diatas permukaan. Lalu lihat juga cerita-cerita Gunung Purba di wilayah Selatan Jogja yang berada didaerah lantunan batuan gamping, dan kembali geologi bisa menghayal jauh kedepan sejauh mata Geologi memandang…..

lalu si anak tersebut bertanya bagaimana prospek dunia Geologi kedepannya? yang bisa kujawab adalah tentu saja berprospek kalau tak berprospek buat apa aku kuliah di Geologi dan buat apa perusahaan tambang, Minyak, dan erusahaan yg bergerak di Energi berlomba lomba mencari tenaga kita…. Geologi itu menarik dan geologi itu hanya butuh keseriusan saja dan ketelitian kalau tidak ya akibatnya seperti LUSI alias Lumpur Sidoarjo. Saat itu waktu menunjukkan jam 11 siang dan si yusuf kebetulan kita ajak mengikuti fieldtrip singkat mengenal geothermal kalau orang geologi bilang sambil bergeologian kita berwisata, ya kita menuju pelataran candi gedongsongo yang saat ini punya potensi geothermal yang lumayanlah kisaran diatas 70 MW (itu baru dugaan aja) dan siap memenuhi atau membantu pasokan listrik di Semarang dan Sekitarnya, dan ia makin tertarik saja dengan ilmu ke Geologian…..

lalu kubilang Geologi itu gampang-gampang banyak susahnya tapi kalau dah ngenal gampangnya mencari kerja susahnya bakalan hilang, Pokoknya Geologi itu menarik dan geologi itu tetap dibutuhkan selama lempeng tektonik ini masih terus beraktivitas dan dunia masih menggeliat dengan pesolek Sumber daya Alam Migas, dan Tambang…… Geologi akan Terus Ada. dan yang udah masuk geologi dan sedang mendalami jangan pesimis bro, masa depan ditangan kalian dan kalianlah yang buat masa depan itu.

Buat Geologi UNDIP (nah ini almamaterku punya) jaya terus semangat berkarya mari kita ciptaka dunia geologi yang sehat dan kibarkan semangat ketangguhan kita dimanapun kita berada, darah kita darah merah penuh magma berapi api didalamnya dan siap meledak, dan bagi para pembaca yang mau masukin anaknya ke Almamater jangan khawatir Geologi UNDIP siap menerima anda dari jalur PMDK (PSSB), UM1, UM2, dan SPMB informasi selengkapnya bisa ditanyakan ke email himpunan kami di magmadipa2gmail.com atau sekedar berkunjung ke http://www.geologi.ft.undip.ac.id/ disana bisa nyediakan informasi keberadaan kami.

Satu Balasan ke Jangan Takut masuk Geologi

  1. aveliansyah mengatakan:

    jangan mau masuk geologi undip selagi sawal belum angkat kaki dari tembalang, hahaha…
    nitip lapak gan, corat coret yg sedang belajar geologi,,
    http://aveliansyah.wordpress.com/2010/04/01/mengapa-ada-ras-kulit-hitam-di-benua-asia/
    tuh salah satu cerita mengapa dari batu kita bisa mengetahui sejarah dunia…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: