Ada Apa Setelah Gempa Aceh 11 April 2012 ??

Akibat gempa Aceh tanggal 11 April 2012 kemarin, banyak sejumlah kalangan mempredikikan tentang adanya gempa yang lebih besar lagi terjadi atau istilah nya “Mega thrust” Padang yang kekuatannya berkisar >8 SR. Tapi kapan waktunya? Banyak ahli kegempaan belum tahu secara pasti kapan itu terjadi bisa 10 Tahun lagi ratusan tahun atau bahkan sebentar lagi.

Kedalaman Gempa yang pernah terjadi di Indonesia

Kedalaman Gempa yang pernah terjadi di Indonesia

Posisi lempeng sumatera yang berbatasan dengan daerah penunjaman lempeng samudera menyebabkan daerah ini rawan terhadap pergerakan lempeng. Sehingga tak hayal sekitar 10000 km pantai Indonesia merupakan daerah rawan terjadinya tsunami, mulai dari Sumatera sampai daerah Papua. Pada gambar di bawah ini adalah beberapa penjelasan yang saya ambil mengenai gempa padang di gempapadang.wordpress.com

Teori Tektonik Lempeng

Sepanjang tahun 1960-an, banyak penemuan teknologi yang kemudian mendorong revisi Hipotesis Apungan Benua ini menjadi Teori Tektonik Lempeng (Plate Tectonic Theory). Pada teori ini, dijelaskan bahwa permukaan bumi dibentuk oleh kepingan-kepingan litosfer, yaitu lapisan padat dari kerak bumi dan mantel bumi bagian atas, yang mengapung di atas astenosfer. Astenosfer adalah lapisan plastis di bawah litosfer yang memiliki sifat seperti fluid yang dapat mengalir.


Masing-masing kepingan litosfer ini disebut lempeng. Gambar di atas ini menunjukkan batas-batas utama lempeng tektonik dan bagaimana mereka saling berinteraksi satu sama lain. Gambar di samping menunjukkan pergerakan relatif dan kenampakan yang berasosiasi dengan tiga tipe batas lempeng.

Gambar A adalah batas divergen, yaitu masing-masing lempeng saling menjauhi satu sama lain. Terbentuk rekahan pada lantai samudera dan keluarnya magma yang berasal dari mantel bumi. Gambar B adalah batas konvergen, yaitu ketika dua lempeng bertemu dan bertabrakan satu sama lain. Terbentuk busur gunungapi pada lempeng benua. Gambar C adalah batas transform, dimana dua lempeng saling bergesekan satu sama lain.

Daerah timurlaut Afrika adalah contoh yang bagus untuk batas divergen. Disini, magma yang keluar merekahkan lempeng litosfer. Ketika rekah pada litosfer semakin melebar, batuan di atasnya runtuh dan membentuk zona rekahan. Semakin melebar dan membentuk laut yang dangkal, seperti Laut Merah.


Kemudian gambar dibawah ini adalah contoh yang bagus bagi benturan antar lempeng benua. Benturan yang terus berlangsung antara India dan Asia, yang dimulai sejak 45 juta tahun yang lalu, membentuk Pegunungan Himalaya.


Apabila benturan yang terjadi antara sesama lempeng benua akan membentuk busur kepulauan vulkanik. Sedangkan bila benturan yang terjadi antara lempeng benua dan lempeng samudera, akan membentuk busur pegunungan vulkanik pada lempeng benua.

Sesar geser Mendonico yang menghubungkan zona penunjaman dan zona pemekaran menyebabkan landas samudera yang dihasilkan di pematang lempeng Juan De Fuca bergerak relatif ke selatan dan menyusup di bawah Lempeng Amerika Utara.

Siaga Gempa

Pmerintah telah melakukan bebrapa kegiatan dan memasang beberapa peralatan peringatan dini tsunami di sepanjang garis pantai Indonesia (Itu kalau belum hilang dan Rusak). Salah satu yang terbaik untuk kita lakukan saat ini adalah terus melakukan penelitian ilmiah, mulai dari prediksi gempa sampai melakukan metode metode mitigasi gempa dan tsunami secara efisien sehingga kepanikan warga berkurang. Selain itu sosialisasi pengetahuan gempa dan tsunami harus di tingkatkan serta melakukan pemusatan informasi dan penerangan kebencanaan agar nantinya warga/masyarakat awam tidak semakin was was akibat adanya pemberitaan atau informasi yang tak bertanggung jawab

Reference
http://yudi81.wordpress.com
http://gempapadang.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: